alexametrics

Ford GT40, Si Seksi yang Bikin Susah Napas di Ford v Ferrari

RR Ukirsari Manggalani
Ford GT40, Si Seksi yang Bikin Susah Napas di Ford v Ferrari
Ford GT silver metalik produksi Ford Motor Company yang dipajang dalam Geneva International Motor Show (GIMS) ke-88 (2018). Nama Ford GT adalah sebentuk penghrmatan untuk sukses Ford GT40 [Shutterstock].

Ford v Ferrari tak hanya sajikan nama besar aktor dan produsen otomotif, namun supercar seksi Ford GT40 sendiri.

Suara.com - Menjelang peluncuran film saga otomotif "Ford v Ferrari", undangan terbatas dilayangkan untuk memperingati event khusus kemenangan Ford Motor Company di ajang bergengsi balap ketahanan 24 Hours of Le Mans 1966. Berlokasi di Archival Collection, Ford Engineering Building di Dearborn, Amerika Serikat (7/11/2019) ada suguhan istimewa berupa replika balap properti shooting.

Dikutip dari Detroit Free Press, sebuah ruang menyajikan memorabilia seperti telegram dari perusahaan mobil kondang Italia, Ferrari yang berisikan pembatalan kesepakatan dengan Ford Motor Company. Catatan teknik tentang GT40 yang di awal belum menunjukkan hasil memuaskan, trofi balap ketahanan Le Mans, sampai kartu kecil yang dibagikan Henry Ford II kepada tim yang berlaga di kejuaraan itu. Tertulis di situ, dengan tulisan tangan, "You better win".

Namun, yang membuat napas para undangan tertahan atau bila boleh dibilang susah bernapas, adalah replika sebuah Ford GT40!

Sebuah replika Ford GT40 di markas Ford Motor Company, Dearborn, Amerika Serikat [Detroit Free Press].
Sebuah replika Ford GT40 di markas Ford Motor Company, Dearborn, Amerika Serikat [Detroit Free Press].

Yup, inilah tunggangan balap keren untuk ajang kejuaraan ketahanan 24 jam di sirkuit Le Mans, Prancis. Sebuah mobil yang tak pelak menjadi bintang tersendiri di samping duo pemeran utama seperti Matt Damon (pemeran Carroll Shelby) serta Christian Bale (Ken Miles). Dua tokoh sentral dalam Ford v Ferrari.

Baca Juga: Prioritaskan Sektor Otomotif, Kemenristek Harapkan Integrasi Riset

Disebut perdana, nama pebalap asal Amerika Serikat yang telah gantung helm dan diberi mandat Henry Ford II untuk melahirkan supercar pesaing produk balap Ferrari--pemegang podium tertinggi Le Mans enam tahun berturut. Sebagai catatan, perusahaan ini juga telah menolak keinginan Ford untuk dibeli. Lalu disebut kedua, driver asal Britania Raya, sebagai eksekutor kesuksesan misi merebut piala Le Mans dari Ferrari.

Ford GT40 atau disebut singkat sebagai Ford GT, "GT" tak lain adalah singkatan dari Grand Touring. Sedangkan "40" dipetik dari dimensi ketinggian 40 inci atau 1,02 m diukur dari kaca depan, sebagai syarat dari ketentuan balap ketahanan. Angka ini sekaligus akhirnya menjadi penanda bahwa produk tengah dikembangkan untuk misi merebut posisi paling bergengsi di sirkuit Le Mans.

Sektor dapur pacu dihuni mesin American Ford V8 berkapasitas besar, antara lain 4.2L, 4.5L sampai 4.7L. Bisa dibandingkan dengan mesin Ferrari V12 yang tersimak ringan, dengan menggendong mesin 3.0L atau 4.0L.

Sebagai prototipe, GT40 dikembangkan sebanyak 12 unit, dengan penamaan berurutan: nomor seri GT-101 hingga GT-112. Dan produk yang masih ada sampai kini, dinamai sebagai bentuk penghormatan kepada Ford GT40.

Baca Juga: Pengembangan KBL, Bidang Otomotif Masuk Prioritas Riset

Komentar