Saingi Mobil Listrik, Hyundai Kembangkan Teknologi Anti Bising

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Saingi Mobil Listrik, Hyundai Kembangkan Teknologi Anti Bising
Hyundai Nexo yang dipamerkan dalam ajang Geneva Motorshow 2018 dengan sel hidrogen. Sebagai ilustrai produk masa depan dari Hyundai Group [Shutterstock].

Dengan teknologi anti bising, suasana kabin mobil produksi Hyundai pun semakin tenang.

Suara.com - Hyundai Group saat ini mengembangkan fitur anti bising yag disebut sebagai Road Noise Active Noise Control (RANC). Dikembangkan di atas teknologi Active Noise Control (ANC), produsen otomotif asal Korea Selatan ini menyebut sistem yang mereka kembangkan mampu mengurangi kebisingan suara dari mesin, roda, dan jalan.

"RANC adalah teknologi luar biasa yang memberikan tingkat kesenyapan tertinggi bagi pengguna kendaraan," ujar Gangdeok Lee, peneliti di NVH Research Lab, seperti dikutip dari Carscoops.

Hyundai Kona EV atau Hyundai Kona electric dalam Paris Motor Show 2018 [Shutterstock].
Hyundai Kona EV atau Hyundai Kona electric dalam Paris Motor Show 2018 [Shutterstock].

Dijelaskannya, bahwa fitur RANC mampu menganalisis berbagai jenis kebisingan secara real-time dan menghasilkan gelombang suara terbalik. Misalnya, menangkal suara yang dihasilkan roda saat berputar di jalan.

Terkait cara kerja, Hyundai mengandalkan sensor akselerasi untuk menghitung getaran yang dihasilkan mobil saat melaju. Sementara sistem akan menganalisis kebisingan.

Dalam waktu 0,002 detik, sistem komputasi diklaim mampu menganalisa kebisingan dan menghasilkan gelombang suara terbalik yang dihasilkan Digital Signal Processor (DSP).

Menurut Hyundai, RANC mampu mengurangi kebisingan di dalam kabin kendaraan sebesar 3 db. Ke depannya, teknologi ini disebut mampu mengurangi bobot mobil berkat pengurangan material peredam suara.

Teknologi ini dikembangkan sebagai sebuah wacana bagi kendaraan masa depan. Ketika mobil dengan sistem pembakaran dihapus, kebisingan kendaraan datang dari dua sumber, yakni jalan dan angin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS