5 Best Otomotif Pagi: Bugatti Termahal, Ban Terkoneksi Jaringan 5G

RR Ukirsari Manggalani
5 Best Otomotif Pagi: Bugatti Termahal, Ban Terkoneksi Jaringan 5G
Bugatti La Voiture Noire, yang disebut sebagai mobil termahal di dunia, di Geneva Motor Show 2019 [Bugatti.com]

Berikut adalah lima (5) berita hits dari kanal otomotif Suara.com sepanjang pagi hingga malam tadi. Ada Bugatti termahal sampai ban terkoneksi jaringan 5G.

Suara.com - Teknologi mutakhir terus dikembangkan di dunia otomotif. Beberapa yang bisa dicatat di sini adalah ban terkoneksi ke jaringan 5G. Apakah berfungsi mirip smartphone? Pendek kata, sepanjang telapak ban melaju di atas aspal, informasi real-time terus dikumpulkan. Sehingga dari data ini, ban bisa membantu pengemudi. Seperti arahan bila terjadi gejala aqua-planning.

Lantas ada lagi pembaruan temuan dari kendaraan swakemudi atau otonom. Bila sebelumnya disebutkan tunggangan tanpa pengemudi ini sulit mengenali beberapa objek di jalan raya, kini ia lebih "ramah" kepada pengendara motor, lewat sensor yang semakin canggih.

Namun bicara soal motor, entah apa yang merasuki para oknum pemotor ini, di mana mereka dengan enteng saja melintasi Jalan Layang Non-Tol (JLNT) yang peruntukannya bukan untuk roda dua alias sepeda motor.

Rasanya bikin miris, karena beberapa hari sebelumnya, ada kejadian oknum pemotor membunyikan klakson meminta sebuah bus Transjakarta mundur. Tujuannya agar memberikan ruang gerak bagi mereka yang tengah melawan arus karena tengah minggat dari razia Polisi. Pengemudi bus sendiri diapresiasi karena tetap bergeming alias tak bergerak mundur.

Tak lupa pula, seorang pangeran dari Arab Saudi terpikat pada Bugatti La Voiture Noire yang dipajang di Geneva Motor Show 2019. Mobil satu ini memiliki harga paling mahal di antara produk-produk lansiran perusahaan itu.

Berikut adalah lima (5) berita hits dari kanal otomotif Suara.com sepanjang pagi hingga malam tadi. Selamat membaca dan selamat menjelang akhir pekan.

1. Pirelli Ciptakan Ban dengan Koneksi Jaringan 5G, Intip Fungsi Canggihnya

Ban Mobil Pirelli. (Unsplash)
Ban Mobil Pirelli. (Unsplash)

Produsen ban mobil asal Italia, Pirelli baru saja meluncurkan ban mobil yang bisa terkoneksi dengan jaringan 5G. Lantas, apakah guna dari ban yang bisa terkoneksi dengan jaringan 5G? Yuk, kita cari tahu.

Mengutip dari laman resmi Pirelli, pada Kamis (14/11/2019) Pirelli meresmikan ban mobil yang bisa terkoneksi dengan jaringan 5G.

Baca selengkapnya

2. Viral Bus Transjakarta Diminta Mundur Pemotor, Ini Apresiasinya

Pemotor Masuk Busway [Instagram/romansasopirtruck].
Pemotor Masuk Busway [Instagram/romansasopirtruck].

Beberapa hari lalu, sebuah akun mengunggah kelakuan oknum pemotor yang menerabas masuk ke jalur Transjakarta dan melawan arus pula. Ketika ada bus melaju di area sesuai peruntukannya, sontak para pengguna di ruas yang tak semestinya ini menekan klakson berkepanjangan dan meminta agar bus Transjakarta mundur.

Berikut adalah kelanjutan viral bus Transjakarta diadang pelawan arus, seperti dikutip dari kantor berita Antara. Menanggapi kejadian itu, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberikan apresiasi kepada pramudi atau pengemudi karena tidak mengalah kepada para pemotor penutup jalur angkutan massal ini untuk menghindari razia Polisi di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Baca selengkapnya

3. Gerombolan Pemotor Lawan Arah Turun JLNT, Dishub DKI Tepok Jidat

Pengendara Motor Lawan Arah Menuruni Jalan Layang Non Tol. (Instagram/jktinfo)
Pengendara Motor Lawan Arah Menuruni Jalan Layang Non Tol. (Instagram/jktinfo)

Setiap pengendara motor dilarang melewati Jalan Layang Non-Tol (JLNT). Jika tetap nekat dan diketahui petugas, maka tilang pun tak bisa dihindari.

Teranyar, Dishub DKI Jakarta pun sampai tepok jidat melihat kelakuan gerombolan pemotor yang melawan arah menuruni JLNT.

Baca selengkapnya

4. Wah, Pangeran Arab Saudi Badr Bin Saud Boyong Bugatti Rp 262 Miliar?

Bugatti La Voiture Noire, yang disebut sebagai mobil termahal di dunia, dalam Geneva Motor Show 2019 [Bugatti.com]
Bugatti La Voiture Noire, yang disebut sebagai mobil termahal di dunia, dalam Geneva Motor Show 2019 [Bugatti.com]

Bugatti resmi meluncurkan Bugatti La Voiture Noire dalam ajang Geneva Motor Show 2019, pada Maret lalu.

Bukan hanya memiliki label produk terbaru, mobil yang dipamerkan di kota Jenewa, Swiss itu juga menjadi produk dengan banderol termahal dari jajaran produksi Buggatti. Saat diumumkan, La Voiture Noire dipatok memcapai 18,7 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 262 miliar.

Baca selengkapnya

5. Mobil Otonom Kini Lebih Ramah Terhadap Pengendara Sepeda Motor

Mobil swakemudi Google, Waymo [AFP]
Mobil swakemudi Google, Waymo [AFP]

Mobil tanpa awak atau otonom terus dikembangkan sebagai kendaraan masa depan. Meski belum sepenuhnya sempurna, usaha untuk melengkapi berbagai fitur terus dilakukan agar lebih aman. Salah satunya fitur yang lebih ramah terhadap para pengendara sepeda motor.

Dilansir dari Rideapart, perusahaan teknologi Aurora mengembangkan sebuah perangkat lunak dan juga teknologi sensor yang bisa disematkan pada mobil otonom.

Baca selengkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS