Pemudik Nataru di Jawa, Begini Kondisi Tol Jakarta-Cikampek Kini

RR Ukirsari Manggalani
Pemudik Nataru di Jawa, Begini Kondisi Tol Jakarta-Cikampek Kini
Iring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Sebagai ilustrasi Tol Japek [ANTARA Foto/Akbar Nugroho Gumay]

Libur Nataru atau Natal dan Tahun Baru memasuki H-4, begini situasi di ruas Tol Japek atau Jakarta-Cikampek.

Suara.com - Bagi mudikers atau pemudik libur Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020  atau Libur Nataru yang menggunakan mobil pribadi untuk kawasan Pulau Jawa, arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek atau Japek berangsur padat.

Dikutip dari kantor berita Antara, arus kendaraan di Tol Japek dilaporkan padat di berbagai titik pada Sabtu dini hari (21/12/2019) atau empat hari (H-4) menjelang perayaan Hari Raya Natal.

"Kepadatan terjadi di ruas Karawang Km 41-50 dan di Rest Area Km 57," papar Muhammad Feri, petugas call centre PT Jasa Marga (Persero) Tbk Tol Japek.

Kendaraan petugas pemelihara tol melintas di atas jalan Tol layang Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019). [Antara/Risky Andrianto]
Kendaraan petugas pemelihara tol melintas di atas jalan Tol layang Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019). [ANTARA Foto/Risky Andrianto]

Kepadatan mobil-mobil pengguna di ruas Tol Japek mulai terlihat sejak Jumat malam (20/12/2019), serta semakin meningkat di jalur cepat ruas tol sepanjang 73 km yang menghubungkan Jakarta, Bekasi, Karawang, Cikampek, dan kota-kota utama lain di Provinsi Jawa Barat.

Menurut Muhammad Feri, kepadatan kendaraan yang melaju ke arah Cikampek mungkin disebabkan karena banyaknya pengguna jalan raya yang mudik ke kampung halaman menyambut libur Hari Raya Natal serta sekolah.

Sebelumnya, petugas tol melaporkan kepadatan arus lalu lintas di Tol Japek terjadi sebagai dampak dari kecelakaan beruntun yang melibatkan lima mobil di Km 52+200 Karawang Timur arah Cikampek pada Jumat malam. Penanganannya rampung pukul 00.03 WIB.

Sebagai ilustrasi kepadatan Tol Japek menjelang puncak arus mudik Nataru kali ini, bisa disimak pula dari siaran radio Elshinta. Disebutkan oleh seorang pengguna jalan raya, bahwa arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek tersendat di Km 46 sekitar pukul 01.45 WIB.

Awalnya mulai dirasakan di Km 37 akibat mobil mogok, banyak truk melintasi ruas tol ini, dan keberangkatan dari Jakarta ke Cirebon mulai pukul 22.00 WIB, namun hingga pukul 01.45 WIB dini hari masih berada di Tol Japek.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS