alexametrics

Canggih, Kota Malang Punya Lampu Merah Berjalan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Canggih, Kota Malang Punya Lampu Merah Berjalan
Pemerintah Kota Malang melepas ratusan pemudik. Sebagai ilustrasi situasi lalu lintas kota ini [Suara.com/Eko Widianto].

Dengan sistem portable lagi ramah lingkungan, harapannya semakin membantu lalu lintas Kota Malang.

Suara.com - Dinas Perhubungan Kota Malang belum lama ini memperkenalkan sebuah inovasi baru guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas melalui Portable Traffic Light atau Porta TL.

Dijelaskan melalui akun sosial media @dishubmalangkota, Porta TL sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan Traffic Light pada umumnya. Namun dengan desain khusus, Traffic Light (TL) ini bisa ditempatkan pada segala posisi sesuai kebutuhan. Alias portable, sesuai namanya Porta TL.

"Fungsinya persis dengan teman sepermainannya yang berdiri tegak dengan penuh dedikasi di simpang-simpang," tulis akun itu.

Porta TL [Instagram: @dishubmalangkota].
Porta TL [Instagram: @dishubmalangkota].

Lebih lanjut dijelaskan, Porta TL ini didesain untuk mudah dalam perpindahan tempatnya, dan memiliki fasilitas pendukung berupa solar cell untuk menunjang sumber dayanya.

Baca Juga: Kaleidoskop 2019: 4 Kejadian Viral Otomotif Negeri Kita

"Jadi dipastikan Porta TL ditempatkan di mana saja dan kapan saja," paparnya.

Meski masih sebagai model percontohan, namun ke depannya Porta TL disebut akan terus dikembangkan untuk menunjang kerja petugas dalam mengatur arus lalu lintas di Kota Apel itu.

"Ke depan Porta TL akan membantu kegiatan-kegiatan Dishub Kota Malang, seperti rekayasa lalin, pengalihan arus, dan kegiatan lain yang memerlukan Porta TL bersiaga," tambah @dishubmalangkota.

Baca Juga: Selamat Hari Ibu, Kiprah Perempuan Otomotif: Guru, Usher, Atlet, Direktur

Komentar