Kemang Sudah Bisa Dilalui, Mobil Bongsor Ini Turut Beri Bantuan

RR Ukirsari Manggalani
Kemang Sudah Bisa Dilalui, Mobil Bongsor Ini Turut Beri Bantuan
Dimasak langsung oleh pasukan Gegana Korps Brimob Polri untuk para warga terdampak banjir Jakarta 2020 [ANTARA Foto].

Penanganan banjir Jakarta 2020, sebuah mobil bongsor menjadi dapur umum di Kemang.

Suara.com - Di antara bermacam penanganan banjir Jakarta 2020, mulai evakuasi warga dan kendaraan, upaya pengobatan dan pengamanan kawasan, ada hal penting lain pantang dilupakan. Yaitu ketersediaan dapur umum.

Dikutip dari kantor berita Antara, pasukan Gegana Korps Brimob Polri menurunkan satu unit mobil dapur umum untuk membantu kebutuhan logistik warga terdampak banjir di Kemang Selatan, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan mulai Rabu malam (3/1/2019).

Mobil dapur umum Brimob beroperasi di kawasan Kemang sejak Rabu malam (1/1/2020) [ANTARA Foto].
Mobil dapur umum Brimob beroperasi di kawasan Kemang sejak Rabu malam (1/1/2020) [ANTARA Foto].

Memiliki dimensi mendekati bus mini, dilengkapi stove atau tungku masak, lemari es, serta sisi bisa dibuka total dan dilengkapi undak-undakan menuju dek, Kombes Pol Suryo Sudarmadi, Dansat Jibom Pasukan Gegana Korp Brimob Polri memaparkan bahwa pengerahan mobil dapur umum di lokasi banjir ini berdasarkan instruksi Dankor Brimob Polri. Perintahnya adalah menurunkan personel dengan siaga dapur umum di posko berisi banyak pengungsi.

Ditambahkannya pula bahwa mobil dapur umum pasukan Gegana Korps Brimob Polri ini memiliki fasilitas memasak dengan kapasitas 500 porsi. Dan akan terus disiagakan sampai status banjir berlalu atau kondisi normal kembali, serta warga bisa kembali ke kediaman masing-masing.

Adapun ragam hidangannya antara lain adalah nasi putih, mie rebus, telur dadar, dan teh hangat. Selain menyediakan santap malam pada hari pertama banjir atau bersamaan New Year's Day, Rabu (1/1/2020) bagi warga terdampak banjir, mobil dapur umum Korps Brimob Polri juga melayani pasukan serta relawan banjir.

"Mobil dapur umum kami siagakan di pos banjir depan Panin Bank Jalan Kemang Raya," tambah Kombes Pol Suryo Sudarmadi.

Sebagai catatan, banjir New Year's Day di kawasan Kemang disebabkan hujan turun semalaman, yang menyebabkan Kali Krukut dan Kali Mampang meluap dan merendam pemukiman warga setempat.

Di antara kerugian material dalam rumah, banjir Jakarta 2020 juga telah merendam sepeda motor dan mobil para penghuninya.

Kini Jalan Raya Kemang sudah mulai bisa dilalui kendaraan lagi dan mulai berfungsi seperti biasa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS