Honda dan Isuzu Kerja Sama Kembangkan Truk Bahan Bakar Hidrogen

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Honda dan Isuzu Kerja Sama Kembangkan Truk Bahan Bakar Hidrogen
Mobil bertenaga hidrogen. Sebagai ilustrasi [Dok cvworld.cn/sohu.com].

Dua produsen otomotif Jepang, Honda serta Isuzu berkolaborasi mengembangkan truk berbahan bakar hidrogen.

Suara.com - Honda dan Isuzu sepakat bekerja sama tentang pengembangan kendaraan kelas berat (heavy duty) sekelas truk yang berbahan bakar sel alias fuel cell vehicle dengan sumber tenaga hidrogen.

Seperti dilaporkan Reuters, Isuzu akan menguji sistem yang akan meneruskan tenaga ke mesin dalam menjalankan kendaraan sel bahan bakar Honda yang dirancang untuk mobil penumpang dan truk komersial Isuzu.

Mobil bertenaga hidrogen. (cvworld.cn/sohu.com)
Mobil bertenaga hidrogen. [Dok cvworld.cn/sohu.com]

"Meskipun kami telah melakukan penelitian dan pengembangan terhadap kendaraan penumpang, namun belum dapat mempelajari cara terbaik menerapkan teknologi ini pada kendaraan komersial," papar juru bicara Honda.

Melalui teknologi fuel cell, kendaraan ini diklaim bisa menempuh jarak yang lebih jauh dari mobil listrik. Bahkan sistem pengisian bahan bakar disebut akan melaju lebih cepat. Namun demikian, kemitraan antarkeduanya disebut memiliki peluang berlanjut ke mobil listrik.

"Kemitraan ini akan memungkinkan kami membuat mobil listrik," tandasnya.

Sebagai catatan, sekarang banyak dijumpai pabrikan otomotif mengembangkan mobil listrik bertenaga baterai sebagai solusi mobilitas masa depan. Namun beberapa kalangan menilai bahwa bahan bakar hidrogen lebih tepat digunakan bagi kendaraan niaga, seperti bus dan truk.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS