alexametrics

Coronavirus Merebak, Ayo Lakukan Tindak Preventif pada Mobil

RR Ukirsari Manggalani
Coronavirus Merebak, Ayo Lakukan Tindak Preventif pada Mobil
Novel Coronavirus (nCoV) alias virus corona yang sedang mewabah di China [Shutterstock].

Salah satu tindakan preventif atas coronavirus atau virus Wuhan perlu dilakukan di mobil. Begini uraiannya.

Suara.com - Menjelang Hari Raya Imlek, Sin-chia, atau Chinese New Year (CNY) 2020, dunia dikejutkan oleh tamu tidak diundang. Yaitu datangnya Novel Corona Virus (nCoV), Coronavirus, alias virus Wuhan--karena disebutkan berasal dari salah satu kota di Negeri Tirai Bambu serta meminta korban jiwa pertama di kota itu.

Pengamatan dari Suara.com yang tengah berada di Singapura, saat itu (24/1/2020) dinyatakan telah ada satu korban dari China dan tengah dirawat secara intensif di Negara Singa. Menyusul dua lagi ditemukan di Vietnam. Persiapan yang dilakukan warga setempat adalah mengenakan masker serta berjaga diri secara mandiri, dan terus memantau perkembangan dan arahan dari kementerian kesehatan.

Dikutip dari Medical News Today, gejala umum Coronavirus sebagian besar mirip dengan infeksi saluran pernapasan atas lainnya, termasuk pilek, batuk, sakit tenggorokan, serta terkadang disertai demam.

Sementara dari Cats.org.uk, disebutkan bahwa sebagian besar disinfektan rumah tangga bisa digunakan untuk mengatasi Coronavirus. Suhu kamar mampu membunuh Coronavirus dalam waktu 48 jam. Namun, saat hidup di karpet, virus ini mampu bertahan setidaknya tujuh minggu!

Baca Juga: Obituari Kobe Bryant, Ini Peninggalan Mobil Edisi Khususnya

Sebagai pengguna kendaraan bermotor utamanya mobil, kabin bisa disebutkan sebagai salah satu media penyebaran Coronavirus. Mulai jok, karpet, sampai langit-langit berpotensi dihuni oleh virus mematikan ini.

Ilustrasi merawat interior mobil. [Shutterstock/Photographee]
Ilustrasi merawat interior mobil. [Shutterstock]

Maka, selain menggunakan masker sebagai sarana perlindungan pribadi, juga rutin mencuci tangan serta menjaga jarak saat berada di tengah orang banyak, upaya membersihkan interior mobil bisa disebut sebagai tindakan preventif mencegah penyebaran Coronavirus.

Terpenting adalah rutin melakukan penyedotan debu pada jok, menjaga karpet dan langit-langit mobil dalam kondisi kering, memeriksa sirkulasi udara serta air conditioning atau AC bekerja dengan baik, sampai menjaga kebersihan tangan saat memegang handle pintu hingga kemudi.

Berikut adalah tautan beberapa tips membersihkan kabin dan interior mobil secara umum, yang bisa diaplikasikan sebagai tindakan preventif mencegah kemungkinan tertular virus di dalam mobil. Semoga bermanfaat.

1. Ingin Kabin Tunggangan Bebas Lembap? Cobalah Karpet Custom Ini

Baca Juga: Best 5 Otomotif Pagi Ini: Viral Bulbasaur, Salut Motor Guru Honorer

Dijamin anti bau, anti selip, serta anti-lembap sehingga ikut merawat kaki  [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Dijamin anti bau, anti selip, serta anti-lembap sehingga ikut merawat kaki [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Begitu banyak produk aftermarket bisa dijumpai dalam gelaran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show atau Telkomsel IIMS 2019. Salah satunya adalah yang langsung berhubungan dengan kabin. Kali ini adalah pilihan alas lantai anti- lembap.

Komentar