Ini Pemenang Anugerah Pewarta Astra 2019, Berhadiah Produk Otomotif

RR Ukirsari Manggalani
Ini Pemenang Anugerah Pewarta Astra 2019,  Berhadiah Produk Otomotif
Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019 [Dok Astra].

Simak di sini, daftar pemenang Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019. Hasil kerja sama Astra dengan Perhumas.

Suara.com - Untuk kali perdana, Astra bersama Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) menggelar kejuaraan foto dan pewartaan bagi umum dan jurnalis. Sebagai latar belakang, sebelumnya Astra telah menggelar Lomba Foto Astra kurun 10 tahun, serta empat kali menyelenggarakan Anugerah Pewarta Astra.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para wartawan serta umum, Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019 disebut berhasil mengabadikan momentum dan mengangkat cerita sesuai dengan tema "Indonesia Bicara Baik" melalui Ikon Kebanggaan Bangsa.

Dalam pelaksanaannya, Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019, dibuka sepanjang 16 September - 31 Desember 2019. Untuk para peserta foto yang kejuaraannya memasuki tahun ke-11, mereka dapat mengabadikan berbagai objek seperti festival budaya, kesenian daerah atau seni kontemporer, produk pusaka dan landmark. Kejuaraan ini sukses menjaring 10.659 karya foto dari 3.249 peserta yang terdiri dari 2.990 kategori umum dan 239 kategori wartawan.

Daftar Juara Anugerah Pewarta Astra 2019 [Dok Astra].
Daftar Juara Anugerah Pewarta Astra 2019 [Dok Astra].

Sementara Anugerah Pewarta Astra berupa lomba penulisan artikel yang memasuki tahun ke-5, mengajak para peserta untuk mengangkat kisah inspiratif dari para penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards, atau sosok penggerak 87 Kampung Berseri Astra dari 34 provinsi di Indonesia. Kejuaraan ini berhasil mengumpulkan artikel sejumlah 299 karya dari 500 orang, terdiri dari 359 peserta umum dan 141 wartawan.

"Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra merupakan lomba yang selalu diadakan oleh Astra setiap tahun. Selain memberikan apresiasi kepada rekan wartawan maupun masyarakat umum dan blogger, kedua lomba ini diharapkan dapat mengungkap ikon-ikon yang menjadi kebanggaan bangsa di kancah global," demikian papar Pongki Pamungkas, Chief of Corporate Affairs Astra pada Kamis 12/3/2020).

"Keterlibatan Perhumas dalam Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019 merupakan kolaborasi perdana bersama Astra, bertujuan untuk mendorong masyarakat dalam menggiatkan Indonesia bicara baik. Adanya karya-karya dari para pemenang, citra kearifan lokal dan budaya, dapat menjadi ikon kebanggaan bangsa yang patut untuk dilestarikan," tambah Agung Laksamana, Ketua Umum Perhumas.

Seluruh foto dan artikel yang turun berlaga dalam kejuaraan ini diseleksi dan dikurasi oleh para juri dari tiap-tiap kategori. Duduk sebagai Dewan Juri Anugerah Pewarta Astra 2019 adalah Suwarjono, Pemimpin Redaksi Suara.com, Budi Swarna, Head Division Komunitas Kompas, Dr. Nia Sarinastiti dari Perwakilan Perhumas, serta Irwan Bajang, penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2014 bidang pendidikan.

Sedangkan Dewan Juri Lomba Foto Astra 2019 adalah Dita Alangkara, Chief Associated Press, Barry Kusuma, Fotografer Nasional, serta Fitra Pranadjadja, VP Design Asuransi Astra.

Tiap-tiap karya melewati tahap screening, kurasi dan seleksi. Sebanyak 20 pemenang Lomba Foto Astra dan 20 pemenang Anugerah Pewarta Astra baik dari kategori wartawan dan umum atau blogger yang diumumkan pada Kamis (12/3/2020) mendapat hadiah berupa:

  • 4 unit mobil Daihatsu Ayla M AT untuk Juara 1 dari setiap kategori Foto dan Artikel bagi Umum dan Wartawan
  • 4 unit sepeda motor Honda ADV 150 untuk Juara 2 seperti kategori di atas
  • 4 unit sepeda motor Honda BeAT untuk Juara 3 seperti kategori di atas
  • 8 unit DJI Osmo Pocket Action Cam untuk Juara Harapan dengan kategori seperti di atas
  • 20 Fitbit Inspire Smartwatch untuk Hadiah Favorit.

Selaku Dewan Juri Anugerah Pewarta Astra 2019, Suwarjono, Pemimpin Redaksi Suara.com mengungkapkan, "Anugerah Pewarta Astra kelima ini sangat menarik, karena di era digital banyak sekali informasi yang berkembang di masyarakat dan bisa terbentuk disinformasi serta hoax. Astra memberikan satu motivasi, dorongan kepada jurnalis untuk membuat konten berkualitas. Ini sangat bagus untuk dikembangkan, banyak sekali karya yang menggugah, menginspirasi, bahkan bisa mengungkap yang tidak banyak muncul di publik menjadi standar jurnalistik dan inspiring bagi masyarakat."

Sedangkan Dita Alangkara sebagai Dewan Juri Lomba Foto Astra 2019 menyebutkan bahwa karya yang dikurasi tim juri terbilang dahsyat dan memenuhi kriteria penjurian fotografi. Demikian pula karya foto jurnalistik yang membicarakan topik seperti jati diri bangsa dan sikap toleran.

"Astra berkontribusi positif dalam fotografi Indonesia. Diharapkan tetap konsistensi menggelar acara ini, ke depannya," tukas Dita Alangkara.

Sebagai catatan, Astra International Tbk yang berdiri di Jakarta pada 1957 dengan nama Astra International Inc., pada 1990 menjadi PT Astra International Tbk dan melakukan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan ini menerapkan model bisnis berbasis sinergi dan terdiversifikasi dalam tujuh segmen usaha, yaitu bidang Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi dan Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti.

Sedangkan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) adalah sebuah organisasi profesi para praktisi Humas dan Komunikasi Indonesia yang berdiri 15 Desember 1972. Resmi tercatat di Depdagri sebagai organisasi nasional kehumasan di Indonesia dan di International Public Relation Association (IPRA), di London, Britania Raya. Bertujuan meningkatkan keterampilan profesional, memperluas dan memperdalam pengetahuan, meningkatkan kontak dan pertukaran pengalaman antara anggota serta berhubungan dengan organisasi serumpun di dalam dan luar negeri.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra diharapkan mampu memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, juga sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa.

Untuk hasil Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019, berikut adalah para juara:

Lomba Foto Kategori Wartawan

  1. Ivan Mardiansyah, Lombok Post, Budaya Perang Api
  2. Muchtamir, Koran Sindo Makassar, Adu Nyali Pacu Kuda Bangkala
  3. Hendra Agus Setyawan (Harian Kompas), Pulang Menggembala

Anugerah Pewarta Astra Kategori Wartawan

  1. Rosalia Ernaningtyas, jayakartanews.com, Ambulans Motor Mansetus, Si Dewa Penyelamat
  2. Abdul Jalil, solopos.com, Menjaga Ekosistem Lewat Pertanian Organik di Mojokerto
  3. Agung Purwandono, krjogja.com, Cerita batik Gedangsari, Pernah Mati Suri Kini Kembali Bersemi

Selamat kepada para pemenang dan untuk daftar selengkapnya dari masing-masing kategori, silakan simak di sini atau tayangan video di bawah ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS