Selain Wali Kota New York, Wamen BUMN Budi Gunadi Ikut Kejar Elon Musk

RR Ukirsari Manggalani | Achmad Fauzi
Selain Wali Kota New York, Wamen BUMN Budi Gunadi Ikut Kejar Elon Musk
Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin di Jakarta Convention Center. [Suara.com/M Fadil]

Ventilator sangat dibutuhkan Indonesia untuk tangani pasien Covid-19, hingga Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin ikut merespon cuitan Elon Musk.

Suara.com - Masih ingat cuitan Bapak Wali Kota New York pada 19 Maret 2020 yang ingin membeli ventilator dari pebisnis mobil listrik Tesla, Elon Musk (beritanya di sini)? Kejadian mirip terjadi di Tanah Air kita.

Yaitu saat Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin memaparkan perintah dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendapatkan ventilator. Peranti itu sangat penting dalam menangani pasien Coronavirus Disease atau Covid-19. Keberadaannya menjadi langka di seluruh penjuru dunia, karena digunakan hampir bersamaan untuk menolong pasien di pelbagai negara.

Medical ventilator yang sangat dibutuhkan para pasien Covid-19. Pabrikan otomotif juga akan menggarap ketersediaannya. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Medical ventilator yang sangat dibutuhkan para pasien Covid-19. Pabrikan otomotif juga akan menggarap ketersediaannya. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Tak heran, bila Budi Gunadi Sadikin pun menyebutkan ia sampai mengejar Chief Executive Officer Tesla Incorporation, Elon Musk, demi mendapatkan ventilator.

"Saya ditugaskan Pak Menteri untuk cari ventilator sampai ke seluruh dunia, sampai Elon Musk ngetweet, kami kejar juga," demikian papar Budi Gunadi Sadikin lewat video conference di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Menurut Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini, semua negara termasuk Indonesia sedang mencari alat bantu pernapasan jenis ventilator itu. Mulai negara kita hingga Amerika Serikat sendiri sedang kekurangan alat itu. Namun Budi Gunadi Sadikin tetap akan mencari alat ventilator sampai kebutuhan dalam negeri tercukupi.

Sebagai catatan, Tesla Incorporation adalah produsen pembuat mobil listrik atau Electric Vehicle (EV). Selain menutup pabrik buat sementara akibat Covid-19, Elon Musk menyatakan pihaknya akan turut berpartisipasi mengatsi pandemi global ini. Salah satu idenya adalah turut memproduksi ventilator.

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, tersedia informasi seputar Coronavirus Disease atau Covid-19 di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing dengan jarak minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS