Tindaklanjuti PSBB, Daihatsu Gembok Pabrik untuk Sepekan

RR Ukirsari Manggalani
Tindaklanjuti PSBB, Daihatsu Gembok Pabrik untuk Sepekan
New Daihatsu Sirion mengalami penambahan aerokit dan side stone guard baru. Sebagai ilustrasi produk Daihatsu dan suasana plant [Foto: Istimewa].

Berlangsung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Daihatsu hentikan operasional pabrik. Sebelumnya berlaku satu shift.

Suara.com - Pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang efektif berlaku mulai hari ini, Jumat (10/4/2020) sejak dini hari tadi. PT Astra Daihatsu (ADM) menyikapi keputusan itu dengan menghentikan aktivitas produksi untuk sementara waktu.

Berlangsung sepekan, 10-17 April 2020, PT ADM siap menggembok pabrik. Atau dengan kata lain berhenti melakukan produksi buat sementara waktu. Adapun rencana pembukaan kembali akan menyesuaikan kondisi di lapangan, agar tetap bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama pasar ekspor.

Ekspor mobil 2019. Sejumlah pekera sedang mempersiapkan mobil-mobil yang akan diekspor di IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (9/1/2019). [Antara/ Indrianto Eko Suwarso]
Ekspor mobil 2019 di IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (9/1/2019). Sebagai ilustrasi [Antara/ Indrianto Eko Suwarso]

Adapun putusan untuk menutup produksi untuk sementara dari PT ADM adalah kelanjutan dari imbauan tetap tinggal di rumah, serta memberlakukan satu shift pekerjaan pabrik dalam sehari.

Dalam rilis tertulisnya, disebutkan oleh PT ADM bahwa keputusan pihak mereka adalah demi mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan serta stakeholders lainnya. Sesuai dengan kebijakan pemerintah, Daihatsu juga meminta kepada seluruh karyawan untuk tetap tinggal di rumah untuk menghindari resiko terinfeksi Coronavirus Disease atau Covid-19.

"Upaya pemerintah melawan penyebaran wabah Covid-19 patut didukung semua pihak. Daihatsu berkomitmen bersama pemerintah memenangkan perang ini. Kami harap seluruh masyarakat Indonesia dapat segera beraktivitas normal kembali," demikian papar Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communication Director PT ADM.

Sebagai catatan, selain menghentikan aktivitas produksi di pabriknya selama sepekan, Daihatsu juga menyatakan bahwa seluruh outlet dan bengkel resmi di Jakarta tidak beroperasi sementara, untuk dua pekan, yaitu 10-24 April 2020.

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, informasi seputar Coronavirus Disease (Covid-19) bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing, minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS