Daihatsu Tunda Peluncuran Beberapa Produk Baru Akibat Covid-19

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Daihatsu Tunda Peluncuran Beberapa Produk Baru Akibat Covid-19
Suasana di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten. Sebagai ilustrasi pasar otomotif nasional [Suara.com/Arief Hermawan P]

Untuk sementara, peluncuran produk baru Daihatsu ditangguhkan berkait pandemi global Covid-19. Kecuali Ayla. Ini alasannya.

Suara.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menunda peluncuran produk baru untuk sementara waktu, yang terpaksa dilakukan mengingat belum meredanya situasi wabah global Coronavirus Disease atau Covid-19 di Indonesia.

"Kalau yang kemarin (peluncuran New Daihatsu Ayla) tidak bisa dibatalkan. Karena unitnya sudah dikirim ke outlet-outlet. Tapi dalam kondisi saat ini, kami merasa kurang efektif meluncurkan produk baru," papar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM, di Jakarta, baru-baru ini.

Layanan Daihatsu selama Covid-19 [Dokumentasi PT Astra Daihatsu Motor].
Layanan Daihatsu selama Covid-19 [Dokumentasi PT Astra Daihatsu Motor].

Kendati demikian, perempuan yang akrab disapa Amel ini menyatakan sebenarnya masih ada konsumen yang tetap membeli mobil baru. Walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak.

"Pemesanan sebenarnya tidak terlalu jelek. Covid-19 banyak di Jakarta dan pulau Jawa. Di luar pulau Jawa belum terlalu berpengaruh. Jadi kami tinggal konfirmasi, tetap akan mengambil produk atau tidak," jelasnya lebih lanjut.

Selain itu, faktor yang menyebabkan penurunan penjualan juga terjadi pada perusahaan pembiayaan. Pihak-pihak ini menjadi lebih selektif pasca ada kebijakan penangguhan dari pemerintah.

"Leasing juga sangat ketat karena adanya imbauan tidak bayar setahun. Jadi hal ini disikapi sangat hati-hati oleh pihak leasing," terang Amelia Tjandra.

Secara umum, penjualan mobil nasional pada Maret 2020 merosot sebesar 22 persen. Daihatsu sendiri mengalami penurunan 20 persen.

Kendati demikian kondisi ini dinilai masih cukup bagus dibanding beberapa negara lain yang juga terdampak Covid-19. Beberapa negara Eropa bahkan mengalami penurunan penjualan hingga 80 persen.

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, silakan informasi seputar Coronavirus Disease atau Covid-19 di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing dengan jarak minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS