Mazda Catatkan Laba Terendah dalam Delapan Tahun Terakhir

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mazda Catatkan Laba Terendah dalam Delapan Tahun Terakhir
Mobil listrik perdana Mazda, Mazda MX-30 di Tokyo Motor Show 2019. Sebagai ilustrasi karya Mazda [Dok Mazda - ANTARA Foto].

Catatkan laba terendah, Mazda disebutkan mencari dana pinjaman dan belum prediksi kondisi akhir usai pandemi Covid-19 nanti.

Suara.com - Mazda Motor Corporation, hari ini, Kamis (14 Mei 2020) mengumumkan penurunan laba sebesar 47 persen, terhitung sebagai pendapatan terendah dalam delapan tahun terakhir. 

Seperti ditulis Reuters, salah satu pembuat mobil terbesar asal Jepang itu mencatatkan keuntungan sebesar 43,6 miliar yen atau 408 juta dolar Amerika Serikat. Pencapaian ini turun hampir setengahnya dari periode yang sama tahun sebelumnya yang berhasil mencapai 82,3 miliar yen.

Penurunan laba yang dialami Mazda bahkan melampaui perkiraan analis yang disurvei oleh Refinitiv. Di mana sebelumnya penurunan Mazda diperkirakan hanya 25,7 miliar yen.

Terkait pencapaian ini, Mazda pun menolak untuk memberikan perkiraan pendapatan tahun bisnis saat ini karena ketidakpastian tentang dampak jangka panjang dari Covid-19 dalam urusan operasional dan penjualan.

Berdasarkan sumber yang sama, sebelumnya Mazda Motor Corporation dikabarkan menjadi salah satu pembuat mobil yang paling terdampak selama masa pandemi. Pasalnya perusahaan dikabarkan harus mencari pinjaman lunak kepada tiga bank lokal di negaranya. Ketiga bank besar yang dimaksud adalah Mitsubishi UFJ Financial Group, Sumitomo Mitsui Financial Group, dan Mizuho Financial Group.

Terhadap ketiga bank ini, Mazda berharap bisa mendapat kucuran dana sebanyak 300 miliar yen atau setara Rp42 triliun. Dengan harapan roda bisnis perusahaan bisa kembali menapak normal.

Namun saat coba dikonfirmasi, media bisnis Nikkei terkait informasi yang beredar, tak ada satupun perwakilan Mazda yang angkat bicara.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama cuci tangan rutin. Dengan pengertian saling bantu dan saling dukung, kita bisa mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS