Produksi Mobil di Negara Ini Anjlok Sepanjang April

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Produksi Mobil di Negara Ini Anjlok Sepanjang April
Ilustrasi penjualan mobil. [Shutterstock]

Tedampak virus corona baru (Covid-19), produksi mobil Inggris turun sepanjang April 2020.

Suara.com - Tedampak virus corona baru (Covid-19), produksi mobil Inggris turun sepanjang April 2020. Bahkan, penurunan negeri Ratu Elizabeth tersebut turun 99,7 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Dilansir dari Autocar, Senin (1/6/2020), tercatat Inggris hanya memproduksi sebanyak 197 mobil sepanjang April. Dari jumlah tersebut, 152 diproduksi untuk kebutuhan ekspor.

Berdasarkan data Masyarakat Produsen dan Pedagang Motor (SMMT) Inggris mencatat, penurunan di bulan April mengikuti penurunan produksi Maret sebesar 37,6 persen.

Sementara itu, asosiasi juga sudah melakukan revisi terget tahun ini dampak dari pandmei. Awal tahun diprediksi akan ada sekitar satu juta mobil akan diproduksi di Inggris.

Namun setelah direvisi, produksi mobil diperkirakan akan berkurang sekitar 400.000 unit. Dengan kerugian ditafsir sekitar 12,5 miliar pound. Jumlah produksi ini lebih rendah bila dibandingkan pencapaian 2009.

"Angka-angka ini tidak mengejutkan, tetapi industri akan menghadapi tantangan luar biasa dan bisa dibilang mulai dari nol," ujar Mike Hawes, kepala eksekutif SMMT.

Ilustrasi penjualan mobil. Shutterstock
Ilustrasi penjualan mobil. Shutterstock

Namun, Hawes memprediksi, volume produksi Mei ini sedikit lebih baik. Di mana setengah dari pabrik mobil dan mesin Inggris sudah mulai beroperasi akhir April.

Meningkatnya jumlah produksi sambil di tengah status new normal, membuat jumlah volume lebih rendah dibanding status lockdown. Namun, mengakomodasi langkah-langkah sosial baru akan membuat volume jauh lebih rendah daripada pra-lockdown.

"Kami membutuhkan pemerintah untuk bekerja bersama mempercepat pemulihan sektor industri otomotif," tegas Hawes.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS