Kok Mercedes Benz Wakil Presiden Isi Bensin Pakai Jeriken?

Liberty Jemadu | Ummi Hadyah Saleh
Kok Mercedes Benz Wakil Presiden Isi Bensin Pakai Jeriken?
Mercedes-Benz berplat nomor RI 2 yang ditumpangi oleh Wakil Presiden . [ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay]

Mercedes-Benz Wakil Presiden yang kehabisan BBM itu merupakan mobil dinas cadangan.

Suara.com - Baru-baru ini beredar sebuah video yang menunjukkan mobil dinas Wakil Presiden berjenis Mercedes-Benz dengan pelat RI 2 sedang diisi bahan bakarnya menggunakan jeriken di pinggir jalan.

Video ini memantik sindiran dari banyak warganet. Mereka heran, bagaimana bisa mobil RI 2 kehabisan bensin dan harus mengisi bensin di pinggir jalan menggunakan jeriken.

Menanggapi sindiran publik, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar menjelaskan bahwa mobil RI 2 mengisi bensin menggunakan jeriken karena tidak ada SPBU yang BBMnya sesuai kriteria dengan mobil VVIP tersebut.

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," ujar Oemar dalam keterangannya, Sabtu (11/7/2020).

Kata Oemar, dalam setiap rangkaian VVIP, pihaknya menyiapkan cadangan BBM dalam jeriken di mobil teknisi. Karena itu saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU, maka pihaknya menggunakan BBM cadangan yang disiapkan.

"Dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan," ucap dia.

Tak hanya itu, Oemar menyebut video yang beredar tersebut terjadi saat Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi pada 8 Juli 2020. Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi, bukan yang ditumpangi Wapres.

"Rekaman peristiwa yang beredar tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020. Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS