Nama Erdogan Ramai Disebut, Ini Jejak Sang Presiden Turki di Dunia Otomotif

Irwan Febri Rialdi | Cesar Uji Tawakal
Nama Erdogan Ramai Disebut, Ini Jejak Sang Presiden Turki di Dunia Otomotif
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memeriksa kesiapan Masjid Hagia Sophia yang akan dibuka pada 24 Juli untuk beribadah setelah 86 tahun, dengan menggelar salat Jumat di Istanbul, Turk pada 19 Juli 2020. [Foto/Anadolu Agency]

Presiden satu ini sempat terlibat dalam beberapa hal terkait dunia otomotif, apa itu?

Suara.com - Nama Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, ramai disebut usai dirinya mengubah sebuah Museum Hagia Sophia menjadi sebuah masjid. Namun, tak cuma itu, jejak Erdogan di ranah otomotif ternyata juga tak sedikit.

Akhir 2019 lalu, Erdogan menjadi salah satu orang yang terlibat dalam proyek mobil nasional Turki. Ia menargetkan bahwa mobil tersebut akan beredar luas di lintas negara pada 2022. Mobil tersebut ditenagai mesin elektrik dengan model SUV dan sedan.

Selain isu mobil nasional, Erdogan juga meminta pejabatnya untuk menaiki mobil yang 'merakyat', bukan mobil mewah. Mobil yang 'merakyat' yang dimaksud adalah Volkswagen Passat.

Walaupun demikian, tunggangan dari Presiden Turki tersebut justru malah berupa mobil mewah. Oktober tahun lalu, Erdogan memesan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard.

Mercedes Benz 600 Pullman dalam sebuah pameran di Frankfurt, Jerman (Shutterstock).
Mercedes Benz 600 Pullman dalam sebuah pameran di Frankfurt, Jerman (Shutterstock).

Empat mobil ini datang langsung dari negara pembuatnya, Jerman. Mobil tersebut telah sampai di Turki setelah empat bulan dipesan. Mobil kepresidenan tersebut dibanderol dengan harga sekitar 190 miliar rupiah. Harga yang 'wow'!

Mobil ini sudah tersertifikasi VR10 yang menandakan bahwa kendaraan tersebut lolos uji keamanan terginggi kendaraan non militer. Mobil yang lolos standar tersebut dijamin kebal dari peluru pistol dan senapan serbu.

Kacanya yang berbahan polikarbonat mampu menahan peluru 7,62 mm. Untuk mesin, S600 Guard menggunakan dapur pacu V12 6.0L dengan tenaga 530 daya kuda dan torsi 830 Nm.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS