Mercedes-Benz Kembangkan Teknologi Airbag Penumpang di Baris Kedua

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mercedes-Benz Kembangkan Teknologi Airbag  Penumpang di Baris Kedua
Ilustrasi Mercedes-Benz (Shutterstock)

Setelah kehadiran airbag di bagian kemudi, dashboard dan side airbag, Mercedes-Benz ciptakan untuk jok penumpang baris kedua.

Suara.com - Mercedes-Benz dikabarkan tengah mengembangkan teknologi baru melalui airbag di kursi atau jok baris kedua. Teknologi ini disebut-sebut sebagai yang pertama diterapkan dalam sistem keamanan kendaraan penumpang atau passenger car.

"Airbag pertama di dunia untuk penumpang jok belakang," ungkap Mercedea-Benz, dikutip dari Carscoops.

Meski belum diungkapkan secara rinci, pembuat mobil asal Jerman ini menyatakan bahwa airbag pada kursi belakang dirancang melindungi penumpang jika terjadi tabrakan frontal.

Konsep airbag mutakhir: saat terjadi benturan merobek wadah perlahan dan kantong pun mengembang aman. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Konsep airbag mutakhir: saat terjadi benturan merobek wadah perlahan dan kantong pun mengembang aman. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Airbag yang dikembangkan Mercedes-Benz rencananya akan tersemat pada sisi bagian belakang jok depan. Dengan demikian sistem akan bekerja melindungi kepala penumpang belakang ketika terjadi benturan pada mobil.

"Ini konsep yang sama sekali berbeda dengan airbag depan," tegas Mercedes-Benz.

Selain mengembangkan sistem airbag baru bagi penumpang, Mercedes-Benz dikabarkan juga tengah mengembangkan fungsi Pre-Safe Impulse Side. Operasionalnya menggunakan sensor radar sebagai detektor benturan dari sisi samping mobil.

Sebelum terjadi benturan, airbag akan mengembang dan menggeser pengemudi dan penumpang ke posisi yang lebih aman di bagian tengah mobil.

Teknologi airbag untuk jok penumpang dari Mercedes-Benz rencananya akan diluncurkan pada 2021. Sedang tipe S-Class akan menjadi model pertama untuk penerapannya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS