Dunia Balap Jadi Laboratorium, Ini Sejarah Mitsubishi Pajero Sport

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Dunia Balap Jadi Laboratorium, Ini Sejarah Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport dengan produk aftermarket keren [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Carmaker menjadikan dunia balap laboratorium produk. Versi jalan raya pun keren, contohnya Mitsubishi Pajero Sport.

Suara.com - Dunia balap yang identik dengan performa, tak ubahnya laboratorium untuk passenger car. Alasannya: bila sudah teruji begitu gesit di trek, bisa diadopsi buat pemakaian harian. Contohnya Hyundai i20 coupe yang dipetik dari versi World Rally Championship (WRC) besutan Thierry Neuville, Honda NSX dari hasil pengujian driver Formula One (F1) Ayrton Senna, sampai Mitsubishi Lancer Evolution dari WRC yang dipiloti Tommi Makinen. Mitsubishi Pajero pun memiliki sejarah serupa.

Mitsubishi Lancer Evolution VI edisi khusus Tommi Makinen dipamerkan di Thailand. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Mitsubishi Lancer Evolution VI edisi khusus Tommi Makinen dipamerkan di Thailand. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Mitsubishi Pajero sebagai tunggangan kategori Sport Utility Vehicle (SUV) lahir dari ajang reli antarbenua yang demikian kondang: Reli Dakar, atau dahulu dikenal sebagai Paris-Dakar Rally.

"Ketika kita berbicara tentang Mitsubishi Pajero Sport, kesan Dakar sangat kuat. Karena Mitsubishi Pajero Sport lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan 12 gelar. Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport," ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Mitsubishi Pajero Sport yang pakar di kejuaraan Reli Dakar [Mitsubishi].
Mitsubishi Pajero Sport yang pakar di kejuaraan Reli Dakar [Mitsubishi].

Model Pajero Evolution Dakar sukses merajai gelaran reli Dakar sejak 1985. Dominasi Mitsubishi Pajero berlanjut setelah tujuh tahun, dengan prestasi tak terkalahkan, serta menjadi juara Reli Dakar pada 1992, 1993, 1997, 1998, 2001-2007.

Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama lahir 1996 dan bernama Mitsubishi Challenger, beredar untuk pasar domestik Jepang. Kemudian mengalami ekspor, muncul dalam beberapa nama, seperti Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Shogun Sport (Inggris), dan Strada G-Wagon (Thailand).

Generasi kedua Mitsubishi Pajero Sport sudah mengusung konsep SUV, dan masuk ke Indonesia pada 2009. Spesifikasinya saat itu: mesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56), tenaga maksimum 136 PS dan torsi maksimum 324 Nm.

Versi dua tahun berikutnya adalah penambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5L DI-D Commonrail agar lebih tangguh dan bertenaga namun tetap efisien bahan bakar.

Edisi 2013 Mitsubishi Pajero Sport mendapat penyegaran baik eksterior dan interior. Lalu ada varian baru Mitsubishi Pajero Sport V6 bermesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220 PS yang memberikan tenaga yang besar, suara yang halus serta emisi gas buang yang rendah.

Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga muncul 2016 dengan tampilan baru dan lebih modern. Desain eksteriornya didominasi oleh garis-garis tajam ala Dynamic Shield khas Mitsubishi di bagian depan. Mesinnya model baru, 4N15 2,4L MIVEC bertenaga puncak 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm. Transmisi matik 8-percepatan.

Dan sirkulasi penjualan di Tanah Air sejak 2009 hingga hari ini mencapai 160.000 unit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS