Mitsubishi Stop Jualan SUV untuk Pasar Eropa

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mitsubishi Stop Jualan SUV untuk Pasar Eropa
Logo Mitsubishi [shutterstock]

Konsentrasi di Asia Tenggara, rupanya Mitsubishi melepas pasar Eropa.

Suara.com - Mitsubishi dilaporkan berencana untuk menghentikan pengiriman model Sport Utility Vehicle (SUV), untuk pasar Eropa mulai awal September mendatang.

Bulan sebelumnya, perusahaan otomotif berlogo tiga berlian ini memang telah mengumumkan rencana perusahaan untuk menghentikan operasinya di Eropa dan memfokuskan diri di wilayah Asia Tenggara. Hanya, belum mengungkap kapan pelaksanaannya.

Seperti dilansir dari AutoNews Europe, seorang sumber anonim mengatakan bahwa Mitsubishi sedang membekukan pengenalan produk baru untuk benua Eropa.

"Untuk model SUV, Mitsubishi akan menghentikan pengiriman tiga SUV-nya ke pasar Eropa mulai bulan depan," ucap sumber itu.

Mitsubishi Eclipse Cross dalam Singapore Motor Show, 12 January 2019. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Mitsubishi Eclipse Cross dalam Singapore Motor Show, 12 January 2019. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Sekarang tampaknya perusahaan ini memiliki rencana yang lebih ekstrem dengan menghentikan penjualan beberapa model yang sudah dipasarkan. Model itu mencakup Outlander plug-in hybrid, SUV kompak ASX, dan SUV coupe Mitsubishi Eclipse Cross.

Padahal jika digabungkan, ketiga SUV ini berkontribusi 64 persen terhadap penjualan mobil penumpang Mitsubishi yang berjumlah 53.242 unit sepanjang semester pertama 2020. Sumber juga mengatakan bahwa impor hatchback subkompak Mirage sebagai andalan Mitsubishi di pasar Eropa dan pikap Mitsubishi L200 diperkirakan akan berlanjut hingga akhir 2021.

"Tanpa SUV tidak ada bisnis. Dealer tidak bisa bertahan dengan mobil kecil dan L200," tambah sumber.

Bahkan menurutnya, menghentikan impor model-model utama memungkinkan perusahaan untuk menghindari peraturan emisi baru yang ditetapkan di Eropa.

Jika informasi yang disampaikan benar, keputusan ini tentu saja menjadi pertanyaan kelanjutan penjualan Mitsubishi di Eropa untuk waktu mendatang. Dan sampai saat ini, Mitsubishi Eropa belum memberikan komentar terkait spekulasi yang beredar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS