alexametrics

Truk Listrik Volta Zero Siap Uji Coba di Zona Rendah Emisi London

RR Ukirsari Manggalani
Truk Listrik Volta Zero Siap Uji Coba di Zona Rendah Emisi London
Volta Zero, truk listrik 16 ton dari perusahaan rintisan Volta Truck [screen shot Volta Trucks].

Tahun depan, uji coba truk listrik dari perusahaan rintisan akan berlangsung di zona khusus London dan Greater London.

Suara.com - DPD, sebuah perusahaan pengiriman paket Britania Raya, bagian dari DPD Group yang berasal dari Prancis dan memiliki jaringan luas di Eropa siap memulai uji coba Volta Zero. Sebuah truk bertenaga listrik murni berbobot 16 ton buatan perusahaan rintisan Volta Trucks asal Swedia.

Dikutip dari laman resmi DPD Britania Raya, Volta Zero akan mengaspal di zona khusus ULEZ atau Ultra Low Emission Zone Kota London. Rencananya adalah paruh 2021.

Rob Fowler, Chief Executive Officer (CEO) Volta Trucks mengungkapkan bahwa pengiriman paket atau barang ke lokasi dalam kota, termasuk London, adalah sebuah tantangan besar. Pasalnya berpotensi buruk bagi kualitas udara serta polusi suara. Kondisii seperti demikian mesti diminimalkan.

"Dibutuhkan cara pengiriman yang bersih lagi efisien," demikian paparnya seperti dikutip dari laman DPD Britania Raya.

Baca Juga: Siap Hadir di Indonesia, Ini Harga New Rolls-Royce Ghost di Britania Raya

Volta Zero dari Volta Trucks [screen shot Volta Trucks].
Volta Zero dari Volta Trucks [screen shot Volta Trucks].

Ia melanjutkan bahwa kebutuhan akan truk pengangkut paket dan kiriman atau sektor logistik adalah hal yang mendesak. Pasalnya, pada 2025 Britania Raya menetapkan untuk mengurangi sekitar 180.000 ton CO2 dari atmosfer, atau setara penggunaan CO2 tahunan di 24.000 rumah.

Sehingga strategi yang akan dilakukan oleh Zero Volta adalah melakukan tugas logistik dan kembali ke depot setelah layanan atau tidak bermalam di lokasi lain. Di depot inilah proses pengisian ulang baterai akan berlangsung selama 6-8 jam.

"DPD Group UK Ltd dengan senang hati mengumumkan uji coba Volta Zero, kendaraan listrik berbobot 16 ton untuk 2021. Kendaraan ini sangat cocok untuk strategi Urban Logistics kami, dan fakta bahwa truk ini adalah kendaraan komersial paling berkelanjutan juga merupakan pencapaian yang fantastis, dan mencerminkan strategi kami sendiri untuk menjadi pelopor pengiriman berkelanjutan," sambut Olly Craughan, Manajer Umum CSR DPD Group UK Ltd, saat menyampaikan konfirmasi kerja sama antara Volta Trucks dengan pihaknya.

Komentar