alexametrics

Mesin Bisa Mendadak Off, Harley-Davidson Recall Motor Listrik LiveWire

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mesin Bisa Mendadak Off, Harley-Davidson Recall Motor Listrik LiveWire
Harley-Davidson Livewire dalam sebuah pameran jelang akhir 2018 di Italia [Shutterstock].

Harley-Davidson memberikan alternatif ke bengkel atau dijemput di rumah untuk tindakan perbaikan.

Suara.com - Harley-Davidson Motor Company mengumumkan penarikan kembali atau recall atas sepeda motor listrik LiveWire produksi 2020. Adapun kendala yang mengemuka adalah software atau perangkat lunak yang bisa menyebabkan sepeda motor mendadak off atau mati di jalan.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), perusahaan motor asal Amerika Serikat ini diperkirakan harus menarik sekitar 1.012 unit terdampak.

Lebih detail disebutkan bahwa masalah berasal dari perangkat lunak Sistem On-Board Charging (OBC) yang mampu membuat powertrain listrik LiveWire mati.

Sementara dalam beberapa kasus, pengguna akan melihat lampu peringatan ABS dan indikator menyala pada layar spedometer. Atau sepeda motor tiba-tiba kehilangan daya tanpa adanya peringatan sama sekali.

Baca Juga: Berpotensi Terbakar, BMW Recall 26.700 Unit Mobil Listrik

LiveWire Harley-Davidson [Sumber: RideApart].
LiveWire Harley-Davidson [Ride Apart].

Buruknya lagi, bila powertrain listrik dimatikan, pengguna tidak dapat kembali menyalakan motor. Jika berhasil dinyalakan pun kemungkinan besar motor akan kembali mati di tengah jalan.

Dalam kasus yang paling ekstrem, motor off mendadak berpotensi menyebabkan kecelakaan. Sehingga pemilik disarankan untuk segera mendatangi diler resmi terdekat. Atau membuat jadwal dijemput ke rumah. Segala perbaikan akan dilakukan tanpa dipungut biaya.

Komentar