alexametrics

Helmy Sungkar Wafat, Dunia Balap Nasional Kehilangan Seorang Promotor

RR Ukirsari Manggalani
Helmy Sungkar Wafat, Dunia Balap Nasional Kehilangan Seorang Promotor
Dunia otomotif Indonesia kehilangan Helmy Sungkar, promotor event kejuaraan sport otomotif [Instagram: rifato].

Dunia sport otomotif Nasional kehilangan salah satu promotor legendarisnya.

Suara.com - Telah meninggal dunia pada hari ini, Selasa (24/11/2020), pukul 06.10 WIB, salah satu sosok otomotif legendaris Tanah Air, Helmy Sungkar. Dari laman media sosial Instagram putra sulungnya, Rifat Sungkar, kabar duka ini merebak. Tokoh otomotif Helmy Sungkar meninggal dunia.

Helmy Sungkar bin Mustafa Sungkar Alurmei atau lebih dikenal sebagai Helmy Sungkar, dan di kalangan jurnalis otomotif disapa sebagai Oom Helmy adalah seorang promotor otomotif yang banyak menggelar balap kendaraan roda dua dan roda empat di Indonesia. Bersama event organizer miliknya, Trendy Promo Mandira, mulai acara road race, drag race, drag bike, motorcross, dan banyak macam cabang sport otomotif telah disuguhkannya dengan seru serta menyedot banyak pengunjung dan partisipan.

Di lapangan, saat menggelar sebuah kejuaraan bermotor, sosok berpembawaan ceria kelahiran 17 April 1952 ini selalu hadir memeriksa kelengkapan penyelenggaraan balap. Tampil khas dengan topi cowboy, dan menyapa awak media.

Di masa internet belum lagi menjadi bagian keseharian seperti kekinian, race result atau hasil balap adalah hal terpenting yang selalu "diburu" para pewarta. Dan sosok Oom Helmy selalu ada di sana, mendukung lancarnya kegiatan pemberitaan. Termasuk saat dibutuhkan menjadi narasumber dari acara-acara yang digelarnya.

Baca Juga: Sinergi Pelaku Wisata dan Promotor Musik Gelar Pertunjukan Virtual

Helmy Sungkar (kiri) dan Rifat Sungkar. Foto: Screenshot via instagram @Rifato
Helmy Sungkar (kiri) dan Rifat Sungkar. Foto: Screenshot via instagram @Rifato

Menikah dengan pembalap Nasional Ria Gondokusumo, pasangan Oom Helmy dan Tante Ria dikaruniai dua anak lelaki dan satu perempuan. Rifat Sungkar dan Rizal Sungkar adalah bukti menurunnya talenta balap dari keluarga mereka.

Sekitar dua tahun lalu, Oom Helmy pernah dirawat di rumah sakit sehubungan diabetes yang dimilikinya. Namun kesehariannya tetap tidak jauh dari dunia balap. Dari unggahan beberapa pembalap Nasional, termasuk era 2000-an, tampak acara reuni serta temu kangen digelar di kediamannya. Salah satunya adalah jumpa antarpereli dan pembalap tiga generasi.

Selamat jalan Oom Helmy Sungkar, selamat beristirahat abadi dan dilapangkan jalan menuju Yang Maha Kuasa.

Komentar