alexametrics

Ini Beda Istilah Facelift dan All-New di Dunia Otomotif

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ini Beda Istilah Facelift dan All-New di Dunia Otomotif
Suzuki All-New Ertiga di Cirebon. Sebagai ilustrasi produk all-new [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Salah satu kunci untuk menyimak perbedaan itu adalah menengok nomor sasis. Mengapa harus begitu?

Suara.com - Istilah dalam dunia otomotif sangat beragam. Salah satu yang sering terdengar adalah produk baru yang disebut facelift dan all-new.

Mungkin ada beberapa yang masih asing dengan pengertian dua istilah itu. Antara facelift serta all-new, yang sekilas pengertiannya, kata pertama adalah ubahan tampilan, dan kedua bisa dipahami sebagai baru seutuhnya.

Well, mengutip dari laman Suzuki Indonesia, inilah perbedaan antara produk facelift dan all-new. Mari disimak bersama:

Suzuki Ertiga. (Shutterstock)
Suzuki Ertiga sebagai ilustrasi produk facelift (Shutterstock)

Istilah facelift dalam dunia otomotif

Baca Juga: All-New Toyota Yaris Hybrid Bakal Lakukan Rebadge untuk Gantikan Mazda2?

  • Facelift adalah penyegaran terhadap bentuk suatu mobil, baik pada interior maupun eksteriornya, namun tidak secara keseluruhan.
  • Pada dasarnya, facelift tidak mengubah bentuk sebelumnya dari mobil itu. Interior dan eksterior yang diubah tampilannya hanya sebagian kecil. Bagian mobil mengalami facelift biasanya tampak dari desain fisik tail-light, headlight, dan grille.
  • Facelift ini tidak hanya mengubah model sebelumnya, bisa juga menambahkan suatu desain tertentu. Waktu yang diperlukan untuk melakukan facelift biasanya tergantung pada bagian yang diubahnya.
  • Facelift umumnya dilakukan produsen mobil. Jadi, varian mobil tertentu di perbarui dengan versi terbarunya, namun tidak mengeluarkan model yang benar-benar baru.

All-new di dunia otomotif

  • All-new merupakan sebutan untuk sebuah model mobil yang dihadirkan dalam bentuk baru dan berbeda dari sebelumnya, baik segi interior maupun eksteriornya.
  • All-new akan membuat tampilan model mobil menjadi serba baru, mulai rangka, desain, kode sasis, hingga penambahan dari segi kelengkapannya. Mobil all-new lebih kentara atau mudah diamati, cukup melihat desain eksteriornya saja.
  • Dalam pengembangan model mobil all-new, produsen membutuhkan waktu yang relatif lama dan terlebih dahulu harus dilakukan riset. Biaya yang diperlukan untuk pembuatan mobil kategori ini juga cukup besar.
    Oleh karena itu, facelift atau penyegaran model menjadi pilihan terbaik oleh para produsen mobil sebelum versi all-new dikeluarkan.

Perbedaan Facelift dan All-New

  • Sekilas, facelift dan all-new memang pada intinya adalah suatu penyegaran yang dilakukan terhadap model mobil. Namunjika dipahami secara mendalam, keduanya adalah hal berbeda.
  • Perbedaan facelift dan all-new dapat dilihat dari definisi kedua istilah itu. Facelift adalah penyegaran yang dilakukan pada bagian tertentu saja pada mobil tanpa mengubah bentuk sebelumnya. Sementara all-new, bentuk dari mobil benar-benar diubah secara keseluruhan dari sebelumnya.
  • Facelift pada mobil biasanya mengubah beberapa bagian interior dan eksteriornya saja, atau dengan menambahkan fitur yang lebih baru. Untuk mobil all-new, tidak hanya bentuk fisik dan fiturnya saja yang baru, tetapi kode sasisnya juga mengalami perubahan.
  • Indikator perubahan kode pada mobil all-new juga sering dijadikan acuan oleh para konsumen. Suatu model mobil dapat dikatakan all-new jika kode sasisnya diubah dari sebelumnya. Apabila kode sasisnya telah berubah, maka dapat dipastikan bahwa mobil itu benar-benar baru.

Komentar