alexametrics

Best 5 Oto: Sepeda Motor di India - Italia Makin Laris, Honda Bye-bye BBM

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto: Sepeda Motor di India - Italia Makin Laris, Honda Bye-bye BBM
PT Piaggio Indonesia, meluncurkan Vespa Racing Sixties Limited Edition yang terdiri dari Vespa Sprint 150 dan Vespa GTS 300 HPE pada Jumat (2/10/2020). Sebagai ilustrasi [Dok Piaggio Indonesia]

Lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com untuk akhir pekan, ada fenomena larisnya sepeda motor di India dan Italia, serta tips aman isi bahan bakar.

Suara.com - Bahan Bakar Minyak atau BBM, Honda, BMW Isetta, India, Italia, sepeda motor, SPBU, serta Yamaha Tricity 155cc menjadi kata kunci dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com yang dipetik dari tayangan mulai pagi kemarin hingga tadi malam.

Berbincang soal Bahan Bakar Minyak atau BBM, beberapa saat lalu terjadi peristiwa kebakaran di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU. Selain terjadi akibat kendala teknis di lokasi, situasi dari kendaraan yang melakukan pengisian juga berisiko.

Untuk itu, papan informasi yang mengimbau syarat tertentu saat mengisi bahan bakar juga perlu diindahkan. Juga perlu adanya tindak antisipasi dari pihak konsumen, seperti tips berikut ini.

Masih menyoal BBM, perusahaan otomotif asal Jepang, Honda, telah mengumumkan bakal mengakhiri hubungan dengan bahan bakar bensin di masa mendatang.

Baca Juga: Honda Disinyalir bakal Bikin Motor Scrambler Terjangkau, Begini Bocorannya

Lantas beranjak ke sejarah  salah satu pabrikan otomotif asal Jerman, BMW, terungkap bahwa produsen mobil premium ini dahulu pernah membuat mobil paket ekonomis. Bila disimak, ujudnya sungguh mini, terpikir di manakah mesinnya dipasang?

Beranjak ke sektor roda dua, India dan Italia mencatatkan diri sebagai dua negara dengan distribusi sepeda motor sangat luar biasa di masa pandemi COVID-19.  Bukan saja mengurusi pasar ekspor, namun pasar domestik pun sangat bergairah. Alasannya seperti begini. Dan bisa dibayangkan, primadona produk negara ini, seperti Vespa Primavera dan Royal Enfield pastilah menjadi semakin laris.

Dan kabar dari roda dua di Tanah Air, dahulu ada produk keren Yamaha Tricity 155cc. Penampilannya unik lagi keren, karena bagian depan ditopang dua roda, serta satu lagi di bagian buritan. Atau bisa disebut sebagai tricycle.

Lama tak terdengar kabarnya, ternyata inilah yang terjadi dengan Yamaha Tricity 155.

Silakan langsung menuju ke tautan lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat berakhir pekan dan jaga selalu kesehatan pribadi dan keluarga dengan prokes atau protokol kesehatan. Utamanya mengenakan masker setiap kali keluar dari rumah.

Baca Juga: Menengok Dua Motor Penghuni Garasi Desta, Vespanya Anti Mainstream

1. Yamaha Ungkap Alasan Penjualan Tricity di Indonesia Mandek

Yamaha Tricity 155. [Yamaha-Motor]
Yamaha Tricity 155. [Yamaha-Motor]

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pernah menjual motor leaning multi wheel (LMW) di Indonesia, yakni Tricity 155cc dengan status completely build-up (CBU) dari Jepang.

Tricity 155 dibekali mesin Blue Core dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA). Pertama kali diperkenalkan di Indonesia di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016.

Baca selengkapnya

2. Cegah Mobil Terbakar saat Mengisi BBM, Perhatikan 7 Hal Ini

Ilustrasi sebuah mobil mengisi bahan bakar (Shutterstock).
Ilustrasi sebuah mobil mengisi bahan bakar (Shutterstock).

Belakangan ini, kejadian mobil terbakar ketika mengisi bahan bakar di SPBU seringkali terdengar. Kejadian seperti ini sangat berbahaya karena tidak hanya akan membuat mobil hangus terbakar dan bisa mengakibatkan korban jiwa.

Padahal, mobil terbakar di pom bensin bisa dihindari andai pemilik mobil bisa mematuhi prosedur saat melakukan pengisian bahan bakar. Dalam keterangannya, Auto2000, Sabtu (5/12/2020), memberikan beberapa tips tindakan pencegahan terjadinya kebakaran saat mengisi bahan bakar.

Baca selengkapnya

3. Honda Tinggalkan Mobil Konvensional Mulai 2022

Ilustrasi mobil Honda. [Shutterstock]
Ilustrasi mobil Honda. [Shutterstock]

Mengganti mobil bensin dengan mobil hibrida atau semua listrik, sepertinya sudah menjadi target dari para pabrikan mobil dunia untuk beralih ke mobil ramah lingkungan. Hal ini juga yang dilakukan pabrikan mobil asal Jepang, Honda. Bahkan untuk pasar Eropa, perusahaan tersebut telah memasuki jalur elektrifikasi dan akan meninggalkan mobil bermesin bensin mulai 2022.

Senior Vice President Honda Motor Europe, Ian Howells mengatakan bahwa Honda akan menghentikan penjualan mobil internal combustion engine (ICE) di Eropa pada 2022.

Baca selengkapnya

4. Mirip Becak tapi Bermesin, Inikah Mobil Teraneh yang Pernah Dibuat BMW?

BMW Isetta. (Youtube)
BMW Isetta. (Youtube)

Selama ini mobil BMW identik dengan kesan mewah, nyaman, dan berdesain elegan.

Namun, siapa sangka pabrikan asal Jerman ini pernah membuat kendaraan dengan desain nyeleneh.

Baca selengkapnya

5. Bak Kebal COVID-19, Penjualan Motor di Dua Negara Ini Malah Melejit

Meluncur hari ini (10/11/2020), Vespa Sei Giorni II dari PT Piaggio Indonesia [PT Piaggio Indonesia].
Meluncur hari ini (10/11/2020), Vespa Sei Giorni II dari PT Piaggio Indonesia [PT Piaggio Indonesia].

Adanya pandemi virus corona rupanya tak menghalangi laju penjualan motor di Italia dan India pada bulan November tahun ini.

Dilansir dari Rideapart, Sabtu (5/12/2020), penjualan motor dan skuter yang teregistrasi di bulan lalu mengalami pertambahan sejumlah 18,7 persen dibanding 2019 lalu.

Baca selengkapnya

Komentar