alexametrics

Atasi Cat Mobil Terkelupas, Mari Kerjakan di Rumah

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Atasi Cat Mobil Terkelupas, Mari Kerjakan di Rumah
Proses mencampur cat untuk body mobil yang dilakukan butik body paint dan repair. Untuk pengerjaan di rumah siapkan touch-up paint [Envato Elements/Nejron].

Bila body tergores atau terkelupas, coba dulu langkah ini.

Suara.com - Pemilik mobil pasti pernah mengalami kejadian yang tidak diinginkan, yakni cat rusak, pudar ataupun tergores. Penanganannya tentu ke butik body painting dan body repair langganan. Namun sejatinya tidak mesti demikian, ada kalanya bisa dikerjakan di rumah.

Nah, cara memperbaiki cat mobil yang tergores tanpa mengeluarkan banyak biaya ini seru digarap di kediaman sendiri. Modalnya adalah touch-up paint sewarna dengan cat body mobil. Biasanya dijual dalam wadah kecil mirip botol kuteks atau pewarna kuku.

Bila dirasa perlu, setiap pemilik mobil sebaiknya melakukan tindak preventif menyimpan touch-up paint ini, sehingga tidak perlu repot saat dibutuhkan.

Berikut adalah empat langkah memperbaiki goresan pada cat mobil, seperti dikutip dari GardaOto.

Baca Juga: Ini Legenda Putri Mandalika, dengan Pembangunan Sirkuit MotoGP di Kuta

Ilustrasi cuci mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi cuci mobil. Lakukan terlebih dahulu sebelum memperbaiki catnya [Shutterstock]

Langkah-langkah memperbaiki cat tergores atau terkelupas adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan goresan pada body

  • Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membersihkan body mobil yang tergores dengan menggunakan kain lap yang lembut atau bisa mencucinya dahulu agar tidak ada kotoran yang menempel.

2. Identifikasi goresan yang ada

  • Setelah selesai dibersihkan, pastikan Anda mengetahui tingkat kerusakan yang ada pada body mobil Anda. Jadi Anda dapat tahu cara penanganan yang tepat menurut tingkat kerusakannya.
  • Jika hanya terlihat lapisan putih saja itu masih dapat ditangani. Akan tetapi, jika sudah terlihat besi baja atau metal body asli pada mobil berarti cat mobil yang tergores cukup dalam.

3. Memperbaiki goresan yang ringan

  • Mungkin Anda pernah mengalami body mobil Anda tergores karena gesekan dengan kendaraan lain atau tembok pada garasi. Jika terjadi hal seperti ini, tidak perlu Anda membawanya ke bengkel.
  • Cukup Anda perbaiki dirumah dengan menggunakan touch-up paint yang sama dengan warna body mobil. Selain dapat memperbaiki warna, cat ini juga sangat mudah bila digunakan.
  • Caranya adalah dengan mengocok touch-up paint kurang lebih selama 1 menit, dengan memasukkan larutan yang ada di dalam tercampur secara merata. Selanjutnya, gunakan kuas dengan ukuran kecil dan ambil cairan cat secukupnya. Oleskan secara merata dan tipis saja agar terlihat natural.

4. Memperbaiki cat terkelupas yang terlalu dalam

Baca Juga: Nama MRTI Promosikan Lombok: Asalnya Legenda, Buktinya di Jalan Raya

  • Jika hal ini terjadi biasanya cara mengatasinya agak sedikit rumit. Pertama-tama mengamplas retakan dengan hati-hati sampai bersih. Kemudian, oleskan body yang telah diamplas dengan cairan anti karat.
  • Setelah cairan mengering, lakukan pengecatan dengan warna dasar pada bagian mobil, dan tunggu hingga mengering.
  • Setelah itu, berikan cat dengan warna senada dengan cat aslinya. Usahakan sembari menunggu cat mengering, jangan sampai ada debu atau kotoran yang menempel. Jika sudah kering, kemudian gosok kembali body yang telah dicat menggunakan wax atau kompon sampai permukaan kembali rata.

Komentar