alexametrics

Kaleidoskop Oto: Hiburan Edukatif Carmaker Bagi Anak - Remaja saat Pandemi

RR Ukirsari Manggalani
Kaleidoskop Oto: Hiburan Edukatif Carmaker Bagi Anak - Remaja saat Pandemi
Judul: Glow, karya Lena, 11 tahun. Salah satu dari pemenang kejuaraan lomba desain Rolls-Royce untk anak dan remaja [Rolls-Royce Motor Cars].

Para produsen kendaraan bermotor berikan kontribusi positif kepada anak dan remaja di saat pandemi dan mesti tinggal di rumah.

Suara.com - Dampak virus Corona di sektor otomotif terasa sejak outbreak COVID-19 meluas secara global sekitar paruh Maret 2020. Para carmaker menghentikan aktivitas pabrik agar tidak terjadi penyebaran penyakit ini. Pertama di China--utamanya Wuhan, sebagai kota industri otomotif, serta Shanghai dan Chongqing--, serta berlanjut di berbagai lokasi berpotensi terjadi penularan. Tidak sedikit dari mereka mengalihfungsikan plant untuk mendukung program negara masing-masing dalam mengatasi pandemi. Serta menggelar lomba dan hiburan edukatif bagi anak dan remaja. Mulai Rolls-Royce hingga Daihatsu menyiapkan program.

Kebutuhan akan peranti pendukung rumah sakit dan tenaga kesehatan, seperti Alat Pelindung Diri (APD) sampai masker, dan ventilator sangatlah tinggi. Nama-nama carmaker pun muncul sebagai penyedia alat-alat non-otomotif  itu, di saat awal pandemi berkecamuk.

Seperti Ford Motor Company membuat APD atau hazmat suit dengan bahan dari material airbag. Ferrari S.p.A menciptakan ventilator dari masker selam yang diubah fungsinya, Renault membuat masker kebutuhan tenaga medis, Lamborghini mempekerjakan perajin upholstery untuk mengerjakan masker bagi umum, dan seterusnya.

Sementara di sisi lain, para produsen otomotif juga tidak lupa terus menyuntikkan semangat bagi mereka yang mesti tinggal di rumah agar terhindar dri penyebaran COVID-19. Utamanya anak-anak dan kaum muda usia.

Jadilah carmaker menggelar bermacam kompetisi desain bagi orang-orang muda usia. Mulai Rolls-Royce, Toyota, sampai Honda, mengadakan acara ini. Sementara perusahaan otomotif lainnya juga melakukan upaya edukasi secara daring atau dalam jaringan alias online, sehingga terjadi upaya transfer ilmu, tips, dan teknologi, meski tidak bertatap muka secara langsung.

Ada pula mobil mini buatan Hyundai yang ditujukan bagi anak-anak di rumah sakit. Dengan kecanggihan mendeteksi mood tau suasana hati pasien muda usia ini, kegiatan periksa di ruang perawatan menjadi lebih menenangkan perasaan mereka.

Berikut adalah tautan beberapa karya produsen otomotif untuk mereka yang berusia muda di masa pandemi, seperti yang pernah ditayangkan di kanal otomotif Suara.com.

1. Lomba Desain Honda Brio V-Mod, Ini Desain Andalan Juaranya

Peserta mengendarai mobil All New Honda Brio di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019). All New Honda Brio menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan nuansa yang
Peserta mengendarai mobil All New Honda Brio di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019). All New Honda Brio menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan nuansa yang "sporty" dan "fun-to-drive" sesuai DNA Honda dengan performa tinggi yang melampaui kelas LCGC serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Sebagai ilustrasi produk [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga].

PT Honda Prospect Motor mengumumkan pemenang kompetisi Honda Brio Virtual Modification (V-Mod) 3 di Jakarta, hari ini (19/8/2020).

Antusiasme tinggi yang datang dari para peserta membuat Honda Brio V-Mod 3 ini menjadi acara digital modifikasi terbesar yang pernah ada di Indonesia. Sehingga menjadikan dewan juri harus bekerja lebih ekstra dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca selengkapnya

2. Produktif Saat Lockdown, Rolls-Royce Gelar Kompetisi Desainer Belia

Bluebird II, Chenyang, 13 tahun. Rolls-Royce memecahkan rekor kecepatan dunia, baik di darat, laut, serta salju [Rolls-Royce Motor Cars].
Bluebird II, Chenyang, 13 tahun. Rolls-Royce memecahkan rekor kecepatan dunia, baik di darat, laut, serta salju [Rolls-Royce Motor Cars].

Pandemi COVID-19 masih berkecamuk, para carmaker memikir berbagai strategi untuk mengatasi dampak virus Corona di sektor otomotif. Bagi Rolls-Royce Motor Cars, salah satu idenya adalah menyediakan saluran kreatif bagi anak-anak agar mereka bisa menuangkan seluruh kreativitas di atas kertas. Ujudnya adalah kompetisi desainer muda, yang ditujukan buat mereka yang berusia 16 tahun ke bawah.

"Rolls-Royce mendorong klien agar selalu menjadi sosok kreatif dan berani mengungkapkan ide," papar Gavin Hartley, Head of Bespoke Design Rolls-Royce, dalam rilis tertulis sebagaimana diterima Suara.com.

Baca selengkapnya

3. Kreatif, Mahasiswa Ciptakan Desain Mobil Konsep Suzuki Jimny Hybrid

Suzuki Jimny di gelaran GIIAS 2019 [Suara.com/Tivan Rahmat].
Suzuki Jimny di gelaran GIIAS 2019 [Suara.com/Tivan Rahmat].

Belum lama berselang, sekelompok mahasiswa IED Turin, Italia, memperkenalkan desain konsep dari Suzuki Jimny hybrid yang dinamakan sebagai Suzuki U:man SUV Concept. Mereka adalah Raffaele Anile, Nicolo Bettinelli, Fiorenzo Fiorentino dan Fabrizio Luciano.

Mengutip Rush Lane, para mahasiswa dalam melakukan pengembangan desain dengan materi atau inspirasi dari sosok Suzuki Jimny dan Vitara, karena menganggap karakter kendaraan kategori Sport Utility Vehicle (SUV) ini sangat menarik untuk dijadikan sebuah mobil konsep dengan penggerak tenaga listrik.

Baca selengkapnya

4. Bentuk Penghormatan untuk Nakes, Toyota GR Yaris Reli Pakai Masker

Masker prokes atau protokol kesehatan sebagai desain utama body Toyota GR Yaris [Dok Toyota UK via Carscoops].
Masker prokes atau protokol kesehatan sebagai desain utama body Toyota GR Yaris [Dok Toyota UK via Carscoops].

Toyota UK atau Britania Raya meluncurkan Toyota GR Yaris yang dirancang khusus untuk memberikan penghormatan kepada tenaga kesehatan atau nakes dalam segala upaya mereka mengatasi pandemi virus Corona jenis baru, penyebab COVID-19.

Sebagai mobil yang didedikasikan khusus kepada tenaga kesehatan, bagian eksterior Toyota GR Yaris mendapat sentuhan berbeda.

Baca selengkapnya

5. Mahasiswa Ini Ciptakan Taksi Tanpa Sopir, Cocok Dipakai Saat Pandemi

Taksi tanpa sopir (Carscoops)
Taksi tanpa sopir (Carscoops)

Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat harus mengurangi aktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran. Hal ini pun membuat produktivitas terhambat.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk mahasiswa yang satu ini. Dilansir dari Carscoops, lulusan desain tranportasi Universitas Staffordshire, Marius Lochner mengembangkan taksi tanpa sopir.

Baca selengkapnya

6. PT AHM Beri Bekal Mahasiswa Keselamatan Berkendara Secara Virtual

Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center atau disingkat AHMSRTC di Cikarang [Dokumentasi PT Astra Honda Motor].
Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center atau disingkat AHMSRTC di Cikarang [Dokumentasi PT Astra Honda Motor].

PT Astra Honda Motor (AHM) terus mendukung pemerintah dalam mengembangkan budaya aman dan nyaman berkendara. Kali ini AHM mengimplementasikannya dengan menggelar edukasi keselamatan berkendara secara daring yang diikuti ke 2.468 mahasiswa di 26 universitas di berbagai wilayah di Indonesia.

Edukasi safety riding secara daring untuk mahasiswa ini dilaksanakan sepanjang September 2020 bertema "Sarjana #Cari_aman Meraih Impian." Dengan manfaat para peserta mendapatkan edukasi keselamatan dan kesehatan saat berkendara di tengah pandemi COVID-19.

Baca selengkapnya

7. Hyundai Kembangkan Mobil Listrik Mini untuk Hibur Pasien Anak

Desain haluan diamond cut pada Hyundai mainan, diadopsi dari Hyundai 45 [YouTube Hyundai].
Desain haluan diamond cut pada Hyundai mainan, diadopsi dari Hyundai 45 [YouTube Hyundai].

Hyundai mengembangkan mobil listrik konsep khusus anak sebagai bentuk dukungan terhadap pasien belia atau muda usia di Rumah Sakit Anak SJD Barcelona, Spanyol.

Melansir Carscoops, mobil mini yang dikembangkan pabrikan otomotif asal Korea Selatan itu menggunakan teknologi Emotion Adaptive Vehicle Control (EAVC) yang mampu mengoptimalkan kendaraan bergantung pada informasi baik dari dalam maupun luar.

Baca selengkapnya

8. Animasi Anak, Cara Unik dari Strategi Pemasaran Daihatsu

Opening Petualangan Didi & Hatsu [YouTube Daihatsu Sahabatku].
Opening Petualangan Didi & Hatsu [YouTube Daihatsu Sahabatku].

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan animasi anak-anak sebagai salah satu strategi pendukung penjualan. Unik, ada lima tokoh usia belia yang dikenalkan, yaitu Didi, Hatsu, Keano, Dayu, dan Indro. Potret murid sekolah dengan minat mempelajari hal-hal, baru, mengulik teka-teki, sampai keseruan bermain hingga bertengkar dengan nilai positif.

Apakah sebenarnya yang menjadi alasan Daihatsu menyasar anak-anak sebagai salah satu target penjualan?

Baca selengkapnya

Komentar