alexametrics

Era Motor Terelektrifikasi India, Inilah Skuter Listrik TVS iQube

RR Ukirsari Manggalani
Era Motor Terelektrifikasi India, Inilah Skuter Listrik TVS iQube
TVS iQube, skuter listrik terbaru lansiran TVS [TVS via ANTARA].

Disebut-sebut sebagai pesaing Bajaj Chetak, pemilik bisa beli charger portable terpisah untuk pengisian di rumah.

Suara.com - Jelang akhir pekan kemarin, Jumat (5/2/2021), TVS Motor Company melakukan launching skuter listrik TVS iQube di New Delhi, India. Banderol 1.08 lakh rupee atau sekira Rp20,7 juta, inilah pesaing pesaing Bajaj Chetak elektrik. Disebut belakangan, labelnya Rp22,1 juta.

Dikutip dari kantor berita Antara, spesifikasi TVS iQube adalah menggendong motor listrik 4,4 kW, mampu mencapai maximum speed pada 78 km per jam, dan sekali mengisi baterai bisa melaju sampai 75 km. Sementara akselerasi 0 - 40 km per jam adalah 4,2 detik.

Dari perbandingan antara Bajaj Chetak dan TVS iQube, Chetak lebih unggul karena dapat menempuh jarak 95 km untuk sekali pengisian daya listrik. Namun soal kecepatan lebih unggul TVS iQube karena Chetak memiliki kecepatan maksimum 70 km per jam.

Soal fitur, TVS iQube dilengkapi SmartXonnect yang mampu mengakses aplikasi smartphone untuk menampilkan layanan geo-fencing, status pengisian baterai jarak jauh, navigasi, lokasi parkir motor dan notifikasi telepon atau pesan yang ditampilkan pada layar TFT di dashboard sepeda motor.

Baca Juga: Potret Moge Royal Enfield Jadi Sesembahan Warga Sekitar, Ini Dia Alasannya

Bajaj Chetak (kiri) dan TVS iQube (kanan) [ANTARA/TVS/Bajaj]
Bajaj Chetak (kiri) dan TVS iQube (kanan) [ANTARA/TVS/Bajaj]

TVS juga menyediakan perangkat charger baterai SmartXHome yang dijual terpisah, yang dijual Rp1,9 juta. Durasi pengisian baterai hingga penuh adalah lima jam.

"TVS iQube Electric adalah perpaduan drivetrain elektrik canggih dan platform TVS SmartXonnect generasi terbaru. Setelah dikenalkan di Bengaluru, kami sangat senang bisa menghadirkan iQube di Delhi. Dan kami yakin bisa mencapai hasil yang luar biasa," papar K.N Radhakrishnan, Direktur dan CEO TVS Motor Company sebagaimana dipetik kantor berita Antara dari laman resmi perusahaan.

Komentar