alexametrics

Toyota Siapkan Debut Tiga Mobil Listrik Tahun Ini

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Toyota Siapkan Debut Tiga Mobil Listrik Tahun Ini
Emblem untuk mobil-mobil Toyota jenis Electric Vehicle (EV). Sebagai ilustrasi [AFP/ Robyn Beck].

Belum detail disebutkan yang mana modelnya. Namun satu hal sudah jelas, yaitu platform e-TNGA.

Suara.com - Toyota mengumumkan rencana meluncurkan tiga model mobil listrik baru di Amerika Serikat untuk edisi 2021.

Meskipun belum diketahui lebih jelas soal model yang segera diluncurkan, kabarnya pabrikan asal Jepang ini akan merilis dua model dengan pasokan tenaga murni listrik dan satu model sistem hybrid.

Salah satu dari model mobil bertenaga listrik murni yang akan diproduksi nanti termasuk dalam kategori Sport Utility Vehicle (SUV) yang menggunakan platform e-TNGA atau electric-Toyota New Global Architecture.

Executive VP of Sales Toyota Motor Amerika Utara, Bob Carter menyampaikan bahwa kendaraan baru untuk pasar Amerika Serikat adalah yang pertama dari sekian banyak ide yang telah disiapkan.

Baca Juga: Tidak Terkendala Pasokan Chip Semikonduktor, Toyota Terus Geber Produksi

Toyota Camry Hybrid. [Shutterstock]
Toyota Camry Hybrid. Sebagai ilustrasi produk Toyota tenaga hybrid [Shutterstock]

"Elektrifikasi adalah masa depan industri kami. Hal ini tidak perlu diragukan lagi," kata Bob Carter dikutip dari Paultan.

Perusahaan mengatakan, kehadiran model baru akan memperluas pangsa pasar Toyota di Amerika Serikat. Dengan strategi ini Toyota berharap 40 persen dari penjualan kendaraan barunya di Negeri Paman Sam terdiri dari model hybrid atau mobil listrik pada 2025.

Target ini akan meningkat menjadi 70 persen pada 2030. Sebelumnya pada 2019, Toyota mengungkapkan rencana untuk memperkenalkan setidaknya 10 model mobil ramah lingkungan secara global mulai 2020. Di mana China, Amerika Serikat, dan Eropa akan menjadi pasar utama.

Komentar