alexametrics

Penjualan Mobil Honda Turun di Februari 2021, Brio Masih Terlaris

Liberty Jemadu
Penjualan Mobil Honda Turun di Februari 2021, Brio Masih Terlaris
Honda Brio RS Urbanite [PT Honda Prospect Motor]

Honda Brio masih jadi yang paling laris di Indonesia.

Suara.com - Penjualan mobil Honda pada Februari 2021 turun sekitar 14 persen jika dibandingkan dengan pada Januari kemarin. Honda hanya menjual 6.018 unit pada bulan kemarin, sementara di bulan pertama tahun ini menjual sebanyak 7.068 unit mobil.

Honda Prospect Motor, agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia, mengatakan penurunan penjualan itu karena konsumen menunggu diskon pajak atau diskon PPnBM dari pemerintah yang mulai berlaku Maret.

“Secara umum, penjualan Honda pada bulan Februari lalu sedikit turun dibandingkan bulan Januari karena sebagian konsumen yang menunda pembelian untuk menunggu pemberlakuan relaksasi pajak di awal Maret," kata Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy pekan ini.

Yusak mengatakan bahwa selama Februari, mobil baru mereka, New Honda CR-V memperoleh sambutan hangat dari pasar. Sementara itu Honda Brio masih jadi yang paling diburu.

Baca Juga: Penjualan Mobil Februari 2021 Turun 7 Persen

"Performa penjualan Honda Brio yang masih cukup baik menjadi penopang penjualan Honda di bulan lalu. Kami optimistis penjualan di bulan Maret akan meningkat karena didukung pemberlakuan relaksasi pajak PPnBM dan model-model baru Honda yang telah menunjukkan trend booking yang sangat baik,” kata Yusak.

Penjualan New Honda CR-V pada bulan lalu tercatat sebanyak 683 unit, naik 21 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara penjualan Honda Brio mencapai 3.361 unit atau 56 persen dari total penjualan Honda.

Sepanjang Februari 2021, Honda Brio Satya meraih penjualan sebesar 2.665 unit, memimpin segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 28 persen.
Sedangkan Honda Brio RS mengumpulkan penjualan sebanyak 696 unit, juga menjadi pemimpin pasar di segmen City Car dengan pangsa pasar sebesar 75 persen.

Selain Honda Brio, model lain yang memberikan kontribusi signifikan untuk penjualan Honda adalah Honda HR-V 1.5 L yang terjual sebanyak 686 unit, dengan pangsa pasar sebesar 15 persen di kelasnya.

Honda Jazz terjual sebanyak 606 unit dan menjadi market leader di segmen hatchback dengan pangsa pasar sebesar 38 persen.

Baca Juga: Alasan Honda City Hatchback RS Indonesia Tidak Pakai Mesin Serupa Thailand

Sedangkan untuk Honda Mobilio telah berhasil membukukan penjualan sebanyak 290 unit, Honda HR-V 1.8 L sebanyak 162 unit, Honda BR-V sebanyak 90 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 73 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 3 unit.

Pada segmen sedan, Honda Civic Sedan meraih penjualan sebesar 33 unit, memimpin pangsa pasar sebesar 51 persen. Lalu diikuti Honda City Sedan sebanyak 18 unit, serta Honda Accord sebanyak 13 unit. [Antara]

Komentar