alexametrics

Cakupan Insentif PPnBM Diperluas Hingga 2.500cc, Begini Sambutan Toyota

RR Ukirsari Manggalani
Cakupan Insentif PPnBM Diperluas Hingga 2.500cc, Begini Sambutan Toyota
Produksi Toyota Sienta. Sebagai ilustrasi salah satu produk Toyota yang mendapatkan insentif atau relaksasi pajak PPnBM [ANTARA/Audy Alwi].

Peningkatan untuk kendaraan kapasitas sampai 1.500cc menuai hasil seru. Untuk 1.501-2.500cc diharapkan begini.

Suara.com - Finalisasi perluasan relaksasi pajak atas kendaraan bermotor roda empat telah dilakukan. Hasilnya, mobil berkapasitas mesin 1.501-2.500cc juga mendapatkan diskon. PT Toyota Astra Motor sebagai salah satu carmaker kondang Tanah Air menyambut putusan ini dengan baik.

Dikutip dari kantor berita Antara, Dimas Aska, Head of Media Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan bahwa kebijakan yang dikeluarkan pemerintah senantiasa mendukung kemudahan masyarakat untuk tetap bisa bermobilitas.

"Sejauh kami lihat di program yang saat ini berjalan menunjukkan ada peningkatan positif," komentar Dimas Aska.

Adapun pemberian insentif untuk kendaraan dengan kubikasi mesin mencapai 2.500cc ini akan berlangsung mulai April 2021. Bakal berada dalam situasi mendekati masa libur Lebaran. PT TAM menyatakan akan siaga untuk menghadirkan produknya agar tidak terjadi inden terlalu lama bagi kendaraan yang sudah dipesan.

Baca Juga: Honda Masih Tunggu Detail PPnBM untuk CR-V dan HR-V

Logo Toyota Avanza. [Shutterstock]
Toyota Avanza, salah satu produk yang mendapatkan relaksasi PPnBM [Shutterstock]

"Untuk program berjalan saat ini (PPnBM untuk kendaraan 1.500cc) hingga pertengahan bulan, Toyota bersama seluruh value chain baik manufacturing, dealer dan yang lain sedang mencoba untuk menyeimbangkan antara supply dan demand agar sebisa mungkin memenuhi semua demand yang sudah masuk," tukas Dimas Aska.

Sebagai catatan, PT TAM merasakan lonjakan sangat signifikan sejak insentif pajak PPnBM nol persen diberlakukan awal Maret 2021.

"Dibandingkan Februari dan Januari, SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Maret hingga 19 hari pertama menunjukkan kenaikan yang signifikan, mencapai 22 ribu SPK. Bandingkan dalam kurun waktu yang sama di Januari dan Februari,SPK berada di angka 11 ribu dan 12 ribu dalam lingkup Nasional," lanjut Dimas Aska.

Dengan adanya perluasan insentif PPnBM ke pasar kendaraan berkapasitas mesin lebih besar, PT TAM berharap adanya lonjakan positif sama seperti terjadi pada kendaraan-kendaraan yang sudah berjalan saat ini.

Baca Juga: Resmi! Diskon PPnBM Mobil 2.500cc Berlaku Mulai April

Komentar