alexametrics

Kisah Ibnu Jamil Terabasan di Pedalaman Kalimantan Utara

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kisah Ibnu Jamil Terabasan di Pedalaman Kalimantan Utara
Aktor dan presenter Ibnu Jamil dalam perjelajahan ke Kalimantan Utara [Dok Ibnu Jamil].

Didokumentasikan dalam tayangan YouTube, inilah penjelajahan sampai perbatasan Malaysia.

Suara.com - Aktor dan presenter Ibnu Jamil bersama tim Serigala Rider berhasil merampungkan ekpedisi ke daerah terisolir di pedalaman hutan Krayan, Kalimantan Utara.

"Sebenarnya, Krayan menjadi pilihan karena merupakan permintaan dari follower saya. Saat itu, saya membuat Live Instagram, dan disambut pemuda dari Kalimantan. Dia meminta saya ke Krayan melalui jalur darat. Dari situ tim mengevaluasi tentang kemungkinan kami bisa menembusnya," ucap Ibnu di hadapan media, di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Ia menambahkan, hutan pegunungan menuju Krayan belum sepenuhnya bisa disebut sebagai jalan yang dapat dilalui kendaraan bermotor. Masih berupa jalur tanah atau off-road.

Beberapa titik sangat ekstrem dan mustahil dilalui kendaraan, terlebih roda empat. Selama ini untuk menuju Krayan hanya melalui jalur udara. Itu seperti kebanyakan daerah di Papua.

Baca Juga: Cara Unik Bikin Jera Maling Motor, Warga Beri Hukuman Cabut Kumis

Suasana konferensi pers untuk tayangan "Krayan Kalamanthana" di kanal YouTube Jamilo TV dan Kopiko78 Official [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Suasana konferensi pers untuk tayangan "Krayan Kalamanthana" di kanal YouTube Jamilo TV dan Kopiko78 Official [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Ibnu dan tim menyataan bahwa setiap orang yang ingin menembus Krayan melalui jalur darat perlu mengerahkan kemampuan berkendara, tenaga, keberanian, dan mental kuat.

"Skill dan tenaga saja tidak cukup untuk melalui jalur darat Manilau - Krayan. Terlebih bagi orang luar seperti kami. Bayangkan, untuk jarak sekitar 200 km kami membutuhkan waktu lima malam enam hari. Tanpa ada mekanik di dalam tim, mustahil kami mampu menembusnya," lanjut Ibnu yang harus membawa total 50L bensin cadangan agar bisa menembus Krayan.

Dia menerangkan, perjalanan menuju Krayan dilakukan sambil membuat video dokumenter.

"Banyak orang yang belum mengetahui informasi tentang Krayan, apalagi kondisi jalur darat yang katanya sudah tersedia. Karena itu, kami ingin menceritakan tentang keberadaan Krayan untuk Indonesia," tandasnya.

"Kalau kita mencari rutenya menggunakan Google Map, tidak akan ditemukan. Bahkan Google Map tidak mampu memperlihatkan dengan jelas adanya jejak jalan di dalam hutan itu. Salah-salah membaca jalur, bisa-bisa mengikuti aliran sungai," imbuh Ibnu.

Baca Juga: Viral Honda Scoopy Ditabrak Mobil dari Belakang, Kokohnya Motor Bikin Heran

Beruntung Ibnu dan tim Serigala Rider mampu menembus Binuang yang menjadi desa pertama di wilayah Krayan Tengah setelah nyaris kehabisan logistik. Dua hari setelah itu, Ibnu dan tim berhasil mengunjungi perbatasan Indonesia Malaysia di Long Midang.

Semua kisah tentang perjalanan dan kondisi Krayan tersebut diceritakan Ibnu dalam serial dokumenter di dua kanal Youtube, Jamilo TV dan Kopiko78 Official.

Video bertajuk "Krayan Kalamanthana" ini dibuat oleh Wisnu Guntoro Adi, seorang jurnalis senior sekaligus petualang yang menjadi pimpinan tim di program Jamilo's Journey.

Hingga Rabu, 31 Maret 2021, serial "Krayan Kalamanthana" telah ditayangkan hingga enam episode dan masih akan terus berseri hingga Ibnu mengisahkan pengalamannya berada di Krayan.

Komentar