alexametrics

Yamaha Patenkan Nama R1 hingga R9, Ada Juga R20, Mau Racik Motor Baru?

Cesar Uji Tawakal
Yamaha Patenkan Nama R1 hingga R9, Ada Juga R20, Mau Racik Motor Baru?
Ilustrasi Yamaha YZF-R1M.[MCN]

Deretan nama yang dipatenkan ini memicu spekulasi tentang adanya motor-motor baru dari pabrikan berlogo garputala.

Suara.com - Yamaha pada bulan Februari mendaftarkan sederet paten nama, yakni: YZF-R1, YZF-R2, YZF-R3, YZF-R4, YZF-R5, YZF-R6, YZF-R7, YZF-R8, YZF-R9, YZF-R10, YZF-R15 & YZF-R25. Paten ini juga mencakup nama singkat seperti R1, R2 dan seterusnya.

Dilansir dari Visordown (7/4/2021), beberapa tipe seperti R15 dan R25 akan difokuskan di pasar Asia, sementara itu nama-nama lain seperti R1, R3 dan R6 akan ditujukan di pasar Eropa dan Inggris.

Paten ini juga mengonfirmasi adanya R7, motor sport yang berbagi basis mesin dengan MT-07. Dokumen R7 sudah didaftarkan untuk mendapatkan sertifikasi regulasi emisi di California, Amerika Serikat.

Yang menarik adalah beberapa nama yang kini belum eksis, seperti R9 yang diduga bakal memakai basis mesin yang sama dengan MT-09, yakni 890cc dengan tiga silinder.

Baca Juga: Greget! Pemotor bak Musuhan dengan Aspal, Kaki Tak Mau Turun saat Berhenti

Yamaha R6. (Yamaha EU)
Yamaha R6. (Yamaha EU)

Selain itu ada juga YZF-R8 yang masih misterius. Diduga nama ini sengaja dipatenkan agar tak diambil oleh kompetitor.

Tak cuma itu, nama-nama seperti R2, R20, R4, R5 juga masih menjadi misteri. Apakah nama ini dipatenkan dengan alasan agar tak diambil oleh pesaing, atau justru terdapat indikasi adanya motor sport baru racikan pabrikan berlogo garputala ini.

Komentar