alexametrics

Produksi Sempat Terganggu, Hyundai Siapkan Debut Ioniq 5 di AS

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Produksi Sempat Terganggu, Hyundai Siapkan Debut Ioniq 5 di AS
Hyundai Ioniq 5 diluncurkan pada Selasa (23/2/2021) di Seoul, Korsel. [Dok Hyundai Motor Company]

Produksi Hyundai Ioniq 5 sempat terhenti karena buruh mogok kerja.

Suara.com - Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai dikabarkan segera merilis mobil listrik Ioniq 5 untuk untuk pasar Amerika Serikat dalam waktu dekat. Crossover listrik milik Hyundai tersebut dijadwalkan melakukan debut pada 24 Mei, secara virtual.

Melansir Carscoops, secara tampilan Hyundai Ioniq 5 mungkin terlihat seperti sebuah hatchback. Namun sebenarnya mobil memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebih lebar dari SUV kompak Tucson, dan memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang dari Palisade.

Masuk ke dalam kabin, pengemudi akan disuguhkan pengaturan layar ganda yang menggabungkan sistem infotainment 12 inci dan cluster instrumen digital 12 inci. Selain itu, pengemudi juga akan dimudahkan dengan tampilan head-up augmented reality dan sejumlah fitur keselamatan yang cukup mumpuni.

Terkait tenaga Hyundai Ioniq 5 dilengkapi baterai opsional 72.6-kWh dan gerak transmisi All-Wheel Drive (AWD). Tenaga maksimum mencapai 301 tenaga kuda dan torsi 446 lb-ft, mampu berakseleasi 0 - 100 km per jam dalam 5,2 detik, dan kecepatan maksimal mencapai 185 km.

Baca Juga: Ada Recall Baterai, Hyundai Hentikan Produksi Kona EV di Korea Selatan

Sebelumnya dikabarkan kelanjutan produksi Hyundai Ioniq 5 di pabrik Ulsan, Korea Selatan, terancam berhenti. Pasalnya kelompok pekerja di tempat pembuatan produk itu mengancam akan melakukan mogok kerja.

Padahal produksi Hyundai Ioniq 5 dikabarkan sudah mengalami kendala akibat kekurangan chip semikonduktor yang mempengaruhi industri otomotif.

Kekurangan suku cadang mempengaruhi produksi motor listrik Hyundai Ioniq 5 dan sistem kamera depan di Hyundai Kona. Akibatnya, Hyundai tidak bisa lagi memenuhi target produksi awal untuk Hyundai Ioniq 5.

Komentar