alexametrics

Bupati Jembrana Lapor Parekraf: Areanya Punya Potensi Wisata Otomotif

RR Ukirsari Manggalani
Bupati Jembrana Lapor Parekraf: Areanya Punya Potensi Wisata Otomotif
Mobil off-road wisata di kawasan Kali Kuning, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta. Sebagai ilustrasi wisata otomotif [ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/foc].

Di antaranya adalah lahan untuk menggelar event off-road.

Suara.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Uno, mengundang wakil Kabupaten Jembrana Bali, Kabupaten Barito Selatan, Tarakan, Dompu, Lombok Barat, Kabupaten Berau, serta Bupati Kayong Kalimantan. Kabupaten-kabupaten ini masuk dalam rencana strategis Kemenparekraf RI sebagai daerah prioritas tujuan wisata.

Daerah-daerah itu memiliki berbagai keunikan dan sangat layak dikembangkan. Dengan nilai potensial masing-masing, Kementerian Pariwisata akan berusaha melengkapi.

Dikutip dari BeritaBali.com, jaringan Suara.com, di acara itu Menparekraf memberikan paparan langsung terkait program strategis pariwisata. Dan menilai bahwa kawasan Jembrana memiliki keunikan sendiri.

Hadir sebagai wakil adalah Bupati Jembrana, I Nengah Tamba yang memberikan paparan langsung terkait program strategis pariwisata, Selasa (18/5/2021).

Aksi off-roader di balik jipnya dalam sebuah pergelaran otomotif di Jakarta. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Aksi off-roader di balik jipnya dalam sebuah pergelaran otomotif di Jakarta. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Di hadapan Menparekraf RI, Sandiaga Uno, Bupati I Nengah Tamba menjelaskan berbagai potensi wisata dimiliki kawasannya. Di antaranya wisata otomotif, penataan kawasan Teluk Gilimanuk, wisata religi, wisata budaya termasuk rencana pengembangan sirkuit all-in-one di Desa Pengambengan.

Baca Juga: Larangan Mudik 2021, Bandara Ngurah Rai Bali Layani 12,8 Ribu Penumpang

"Jembrana ini beda karena penduduknya lebih heterogen. Demikian pula budayanya, majemuk dan saling melengkapi, namun tetap rukun berdampingan. Selain alamnya, kami juga memiliki wisata rohani dari berbagai agama," papar Bupati I Nengah Tamba.

"Kawasan Teluk Gilimanuk potensinya luar biasa sebagai pintu masuk Bali. Namun perlu dipoles lagi agar lebih mencirikan daerah ini. Kami juga memiliki jalur alami yang bisa dijajal pencinta off-road. Mulai dari jalur sedang sampai ekstrem," demikian antara lain dijelaskan Bupati Jembrana seputar potensi wisata otomotif.

Kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bupati I Nengah Tamba berharap adanya dukungan, sehingga berbagai potensi yang dimiliki Jembrana tidak sia-sia.

"Kami berharap bantuan pusat, bersinergi dengan daerah untuk membantu maksimalkan potensi Jembrana," demikian antara lain pemaparan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba.

Sandiaga Uno berharap komitmen sektor pariwisata, nantinya akan mendorong dan menggerakkan sektor ekonomi. Komitmen itu menjadikan pemerintah daerah dan pusat bersinergi dalam kolaborasi.

Baca Juga: Obituari: Wimar Witoelar Wafat, Ini Kenangan Mobil Hadiah Undian

"Presiden Joko Widodo sudah menetapkan pariwisata harus mampu menjadi leading sector menggerakkan ekonomi nasional. Peluang ini harus ditangkap. Selain ada destinasi super prioritas, ada juga destinasi prioritas," pungkas Sandiaga Uno.

Komentar