alexametrics

Kendarai Jimny Jangkrik, AHY dan Istri Nostalgia di Kota Kembang

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kendarai Jimny Jangkrik, AHY dan Istri Nostalgia di Kota Kembang
AHY dan Annisa Pohan bersama Jimny Jangkrik bertuliskan "Overlanding Indonesia" [Twitter: @AgusYudhoyono].

Selain mengenang masa pedekate, AHY bertanya mengapa tunggangan ini disebut Jimny Jangkrik.

Suara.com - Agus Harimurti Yudhoyono atau yang akrab disapa AHY berbagi cerita nostalgia melalui sebuah unggahan foto di Twitter.

Dalam unggahan itu, AHY tengah mengendarai sebuah mobil ditemani sang istri, Annisa Pohan.

Dalam cuitannya, Ketua Umum Partai Demokrat itu menceritakan bahwa ia sedang mengendarai Jimny Jangkrik untuk bernostalgia di Kota Bandung. Khususnya mengenang masa pendekatan kepada kekasih yang kini menjadi istrinya.

"Salam dari Bandung. Jalan-jalan bersama istri tercinta, mengenang masa-masa pertama kenalan di Kota Kembang, sambil nyetir Jimny Jangkrik...," cuit AHY seperti dikutip Suara.com.

Baca Juga: Seru, Suzuki Jimny 5-Doors Kemungkinan Bakal Meluncur di 2022

AHY dan Annisa Pohan mengenang masa pedekate di Kota Kembang, Bandung [Twitter: @AgusYudhoyono].
AHY dan Annisa Pohan mengenang masa pedekate di Kota Kembang, Bandung [Twitter: @AgusYudhoyono].

Di pintu Suzuki Jimny, tertulis "Overlanding Indonesia", sebuah komunitas yang didirikan AHY untuk mewadahi kesukaan masyarakat tentang travelling bersama dengan kendaraan bermotor, memotret, sampai sistem menumpang.

Selain menuliskan kisahnya bersama sang istri, di laman media sosialnya  AHY pun bertanya terkait asal-usul produk buatan Suzuki ini, kenapa bisa dinamai Jimny Jangkrik.

"Ada yang tahu kenapa mobil ini disebut Jimny Jangkrik?" sambung AHY.

Bila mengutip laman Suzuki Indonesia, kisah penamaan ini seru adanya.

Jimny melahirkan tiga generasi, generasi pertama yaitu seri LJ80, rilis di Indonesia pada 1979. Saat itu lebih akrab disebut "Jimny Jangkrik", dirakit langsung di Indonesia dengan kapasitas mesin 800cc.

Baca Juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Uji Coba, Lebih Besar dan Bertenaga

Kehadiran mobil off-road 4x4 ini mendulang sukses dan menjadi salah satu mobil ikonik di Indonesia. Jimny Jangkrik juga memiliki model turunan yang diproduksi hingga 1981, yaitu LJ-80V dan LJ-80Q dengan pintu dari bahan metal.

Memasuki generasi kedua di 1982, Suzuki merilis Jimny SJ410 yang dipasarkan dengan nama Katana. Hadir dengan mesin 1.000cc, Jimny yang pada awalnya berpenggerak empat roda (4WD), melakukan penyegaran sebagai mobil berpenggerak 4x2.

Katana bukan satu-satunya seri Jimny yang dirilis selama generasi kedua. Selain Katana, Jimny generasi kedua juga hadir dengan versi long wheelbase yang mendapat julukan "Jimny Long". Kemampuannya menjelajah menjadikan mobil ini sebagai kendaraan yang bisa digunakan masyarakat di daerah terpencil dan sulit dijangkau.

Masih masuk dalam Jimny generasi kedua, pada 2004 Suzuki meluncurkan Jimny SJ413 atau Carribian. Dengan model yang paling berbeda, Jimny ini memiliki sebuah extra-cab dan menyerupai pick-up dengan kapasitas mesin 1.300cc.

Ajang GIIAS 2017 menjadi peluncuran generasi ketiga Jimny di Indonesia, Jimny JB33 yang juga dikenal sebagai Jimny Wide ini hadir secara ekslusif dengan desain tak bersudut namun tetap menampilkan kesan Jimny yang ikonik dan jantan. Selain itu, Jimny generasi ketiga ini dibekali mesin berkapasitas 1.300 cc, lengkap dengan penggerak All-Wheel Drive (AWD).

Komentar