alexametrics

Ciptakan Inovasi, Polresta Mataram Berikan Hadiah Vaksin AstraZeneca Bagi Pemohon SIM

RR Ukirsari Manggalani
Ciptakan Inovasi, Polresta Mataram Berikan Hadiah Vaksin AstraZeneca Bagi Pemohon SIM
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 merek AstraZeneca kepada salah seorang peserta uji SIM secara gratis di Satpas Polresta Mataram, NTB, Kamis (24/6/2021). [ANTARA/Dhimas B.P]

Lakukan inovasi, vaksinasi gratis diberikan pihak Kepolisian kepada para pemohon SIM di Lombok.

Suara.com - Upaya mempercepat pemberian vaksinasi Covid-19 agar tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok dalam masyarakat terus dilakukan. Di Indonesia, layanan mulai diberikan dalam skala masif. Di sektor otomotif, contohnya bisa disimak di Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Dikutip dari kantor berita Antara, para pemohon Surat Izin Mengemudi atau SIM bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 AstraZeneca secara cuma-cuma.

Ditemui di acara vaksin perdana gratis bagi peserta uji SIM di Mapolresta Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, kamis (24/6/2021), Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian perayaan Hari Bhayangkara ke-75 yang jatuh pada 1 Juli 2021.

"Kegiatan ini juga sebagai awalan menuju vaksinasi serentak satu juta orang dalam satu hari," jelas Kombes Pol Heri Wahyudi.

Baca Juga: Ford Motor Company Jadi Pemasok Komponen Mobil Kantor Pos Amerika Serikat

Seorang perempuan mengikuti ujian praktek Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis dengan berpakaian kebaya di Satlantas Polres Jombang, Jawa Timur, Kamis (21/4/2016). [Antara/Syaiful Arif]
Ujian praktek Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis dengan berpakaian kebaya di Satlantas Polres Jombang, Jawa Timur. Sebagai ilsutrasi ujian praktek permohonan SIM  [Antara/Syaiful Arif]

Di tambahkannya bahwa kegiatan bertujuan memudahkan warga mendapat vaksin Covid-19 ini akan berlangsung secara berkesinambungan, dengan tetap menyesuaikan pada ketersediaan stok.

"Kami dapat jatah 50 dosis. Nanti kalau habis, kami ajukan penambahan lagi ke pemerintah," tukasnya.

Adapun zyarat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 AstraZeneca ini cukup mudah. Yaitu menjadi peserta ujian SIM, berusia 18 tahun ke atas, dan tidak memiliki riwayat penyakit penyerta atau komorbid.

"Jadi tinggal serahkan KTP saja, nanti akan dicek kesehatannya sebelum menerima vaksin," jelas Kombes Pol Heri Wahyudi.

Kemudian bagi peserta uji SIM yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama, akan diarahkan mengikuti vaksinasi dosis kedua di rumah sakit.

Baca Juga: Soal Kesiapan Sirkuit Mandalika dan Wisata Otomotif Lombok, Ini Update dari Menparekraf

"Untuk vaksinasi di Polres, kami targetkan bisa sampai 20 orang per hari,"kata Kombes Pol Heri Wahyudi.

Antusiasme peserta vaksinasi Covid-19 yang terdiri dari para pemohon SIM ini ini berkesan bagi Wali Kota Mataram Mohan Roliskana.

"Memang saat ini dibutuhkan upaya yang lebih kreatif lagi dalam rangka menyadarkan masyarakat agar mau divaksin," ujarnya.

Inovasi baru dari Polresta Mataram ini menurutnya sangat membantu pemerintah dalam menggenjot upaya vaksinasi.

"Dengan cara ini, tentu target satu juta vaksin dalam satu hari bisa lebih cepat tercapai," pungkas Wali Kota Mataram Mohan Roliskana.

Komentar