alexametrics

Lampaui Honda City, di Negara Ini Toyota Yaris Jadi Hatchback Terlaris

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Lampaui Honda City, di Negara Ini Toyota Yaris Jadi Hatchback Terlaris
All-New Toyota Yaris versi pasar Thailand. [Dok Toyota Thailand]

Perbedaan penjualan kedua produk tembus 600 unit. Pengganjalnya chip semikonduktor.

Suara.com - Kekurangan chip semikonduktor telah memaksa Honda Automobile Thailand untuk memangkas jumlah produksi di pabriknya yang berlokasi di Ayutthaya. Kondisi ini sangat berdampak terhadap produksi All-New Honda City Hatchback.

Sementara saingan berat City Hatchback, yakni Toyota Yaris justru mengalami hal sebaliknya. Model hatchback jagoan Toyota ini tidak mengalami kendala apapun terkait pasokan chip.

Alhasil seperti dikutip dari WapCar, Toyota Yaris berhasil melampaui Honda City Hatchback sebagai hatchback terlaris di Negeri Gajah Putih.

Berdasarkan data penjualan pasar otomotif Thailand, Toyota Yaris pada Mei 2021 dipasarkan 2.011 unit, sedangkan Honda City Hatchback hanya laku 1.322 unit.

Baca Juga: Kekurangan Pasokan Komponen, Produksi Toyota Supra Terhambat

Honda City Hatchback (Honda Thailand)
Honda City Hatchback (Honda Thailand)

Padahal bila mengacu data penjualan Maret, Honda City Hatchback masih di atas Toyota Yaris untuk urusan penjualan. Secara kumulatif, Toyota Yaris terjual 9.861 unit dari Januari hingga Mei 2021, mengungguli City Hatchback sebanyak 8.909 unit.

Sebagai informasi, Toyota Yaris di pasar Thailand menggunakan mesin 1.2L untuk memenuhi persyaratan Eco Car di negara itu.

Sedangkan Honda City Hatchback Thailand menggunakan mesin VTEC Turbo 1.0L 3-silinder. Di Indonesia, mobil ini mengandalkan mesin i-VTEC 1.5L 4 silinder.

Komentar