alexametrics

Konfirmasi Siapkan Delapan Model Mobil Listrik, Stellantis Gunakan Platform Baru

RR Ukirsari Manggalani
Konfirmasi Siapkan Delapan Model Mobil Listrik, Stellantis Gunakan Platform Baru
Ada delapan model mobil listrik Stellantis akan dibangun dengan platform STLA baru. Warna cokelat menunjukkan posisi baterai listrik [EV Day Stellantis via WapCar].

Platform STLA ini siap diaplikasikan mulai 2026.

Suara.com - Berbincang di pentas EV Day yang berlangsung lebih dari sepekan lalu, para eksekutif Stellantis, perusahaan aliansi FCA atau Fiat Chrysler Automobiles dan PSA atau Peugeot menjabarkan road map mereka. Yaitu rencana elektrifikasi bagi seluruh brand, terdiri atas 14 merek.

Serta konfirmasi bahwa ada delapan model baru produk mobil listrik yang digarap berdasarkan platform arsitektur STLA Large baru. STLA sendiri adalah singkatan dari Stellantis, dan debut pengaplikasian dimulai pada 2026.

Dikutip dari WapCar, STLA Large adalah salah satu dari empat arsitektur modular sepenuhnya listrik, yang akan digunakan Stellantis untuk model masa depannya.

Bersama STLA Large juga tersedia STLA Small, STLA Medium, dan STLA Frame.

Baca Juga: Tesla Bebaskan Biaya Isi Ulang Baterai Mobil Listrik di Kawasan Terdampak Banjir Eropa

Sistem kecerdasan buatan dari Stellantis yang tengah dikembangkan [Stellantis via ANTARA].
Sistem kecerdasan buatan dari Stellantis yang tengah dikembangkan, juga akan tampil di model-model terbaru aliansi ini [Stellantis via ANTARA].

Kendaraan berdasarkan platform STLA Large akan berdimensi panjang 4,70 – 5,40 m (185 – 212,6 inci) dan lebar 1,90 – 2,03 m (74,8 – 79,9 inci). Baterai akan memiliki kapasitas 101 kWh hingga 118 kWh yang menawarkan jangkauan hingga 800 km untuk seklai pengisian daya.

"Pekerjaan untuk platform STLA Large sudah berjalan baik di studio desain kami. Sejauh ini tim memandangnya sebagai beberapa mobil terindah yang pernah mereka rancang," papar Ralf Gilles, Chief Design Officer Stellantis.

Dari tampilan model 3D yang ditunjukkan dalam video sebagai pratinjau desain akhir model untuk produksi memang masih berupa garis mock-up sederhana. Mungkin sebatas teaser sebelum ditampilkan ujud lebih jelas lagi.

Namun benar adanya, bahwa pengembangan desain harus dimulai jauh sebelum debut setiap model. Jika tidak, Stellantis malahan tidak efisien karena sibuk merencanakan produk yang berbeda setiap tahun, serta mengabaikan model-model sebelumnya.

Bisa menebak dari gambar utama, kira-kira model brand apa sajakah yang akan digarap Stellantis untuk 2026 nanti?

Baca Juga: Tutup Semester Satu, Penjualan Mobil Listrik MINI Laris Manis

Komentar