alexametrics

Tak Pasang Kaca Spion Motor di Kota Ini, Garansi Kendaraan Bisa Hilang

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tak Pasang Kaca Spion Motor di Kota Ini, Garansi Kendaraan Bisa Hilang
Spion sepeda motor, perangkat safety wajib berkendara. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Modifikasi dibolehkan, asal komponen ini tetap dipasang. Diler dan pabrik juga diberi tanggung jawab.

Suara.com - Kaca spion adalah salah satu alat kelengkapan wajib pada kendaraan bermotor. Alih-alih buat aksesoris, fungsinya adalah mendukung keamanan atau safety selagi mengemudi.

Namun bagi sebagian orang, spion kendaraan masih dianggap tidak terlalu penting secara fungsi dan kegunaannya. Bahkan pada sepeda motor, ada yang sengaja melepasnya agar tampilan terlihat lebih ramping.

Mengingat pentingnya fungsi spion, pengadilan tinggi di Chennai Madras, ibu kota negara bagian Tamil Nadu--yang memiliki salah satu pengadilan tertua di India--melayangkan permintaan tegas. Ditujukan kepada produsen mobil dan sepeda motor, mereka diminta mencabut garansi jika pengguna sepeda motor kedapatan melepas kaca spion.

Landmark di Chennai Madras, termasuk kepadatan kendaraannya. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/twenty20photos].
Landmark di Chennai Madras, termasuk kepadatan kendaraannya. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/twenty20photos].

Selain merevisi kebijakan garansi kendaraan, pengadilan tinggi juga mengingatkan diler untuk memastikan kaca spion benar-benar sudah dengan benar saat produk dikirimkan kepada konsumen.

Baca Juga: Begini Jadinya Jika Sepeda Dimodifikasi Menjadi Motor FWD, Gokil!

"Diler harus menyarankan pembeli kendaraan mereka agar selalu memasang kaca spion," kata Hakim Agung Sanjib Banerjee, dikutip dari RideApart.

Sementara itu, karena menjamurnya modifikasi di kalangan pengendara roda dua di India, seorang pengacara bernama Ramkumar Adityan juga meminta kepada pihak berwenang untuk memberikan denda kepada pengendara yang melepas kaca spion mereka.

Dasar dari permohonan ini, jelas berkendara tanpa kaca spion menimbulkan ancaman bagi banyak pihak. Tidak sebatas keselamatan pengendara dan penumpang, namun pengemudi lain sampai pejalan kaki.

"Sebagian besar pengendara sepeda motor dan skuter tidak menyadari bahwa berkendara tanpa kaca spion adalah pelanggaran lalu lintas," tegas Ramkumar Adityan.

Baca Juga: Buat Padanan Rolls-Royce Black Badge, Tersedia Paket Tas Escapism Luggage Collection

Komentar