alexametrics

Mulai Kondisi Sepeda Motor Sampai Tubuh, Pencinta Touring Wajib Persiapkan Sebelum Jalan

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mulai Kondisi Sepeda Motor Sampai Tubuh, Pencinta Touring Wajib Persiapkan Sebelum Jalan
Ilustrasi dua pengendara motor touring [Shutterstock]

Pilih riding gear tepat dan jangan lupa periksa kelengkapan bermotor agar perjalanan makin seru.

Suara.com - Bagi bikers, kegiatan touring baik sendiri ataupun bersama rekan komunitas menjadi salah satu cara menikmati sepeda motor kesayangan.

Rute dengan pemandangan indah, kondisi jalan beragam dipadu lansekap pantai atau pegunungan, kerap dipilih karena dinilai mampu menghadirkan sensasi berkendara seru.

Dalam melakukan touring, khususnya menempuh jarak jauh, tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Baik terkait kondisi pengendara maupun sepeda motor. Tujuannya untuk memastikan kelancaran dan keselamatan di perjalanan.

Berikut beberapa tips persiapan motoran sebelum melakukan perjalanan jarak jauh  yang diberikan Yamaha Indonesia. Mulai pengecekan kendaraan sampai tubuh pengendara perlu dilakukan.

Baca Juga: Akhir Agustus, Hyundai Produksi Oksigen Kebutuhan Pasien COVID-19 di Indonesia

Journalist Max Community (JMC) merayakan HUT ke-74 Republik Indonesia dengan menggelar touring bertajuk ‘Ride n Camp Journalist Max Community touring Kemerdekaan’, pada 16-17 Agustus 2019. [Suara.com/Manuel Jeghesta]
Journalist Max Community (JMC) merayakan HUT ke-74 Republik Indonesia dengan menggelar touring bertajuk ‘Ride n Camp Journalist Max Community touring Kemerdekaan’, pada 16-17 Agustus 2019.  Sebagai ilustrasi touring [Yamaha Indonesia]

Tips touring prima menempuh perjalanan panjang:

Cek Kondisi Kendaraan

  • Perjalanan jarak jauh tentu memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan sudah melakukan pengecekan seluruh komponen motor seperti ban, oli, aki dan lainnya. Semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

  • Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat.
  • Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik sebaik mungkin. Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara.
  • Dan jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah di perjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

Kenali Rute Perjalanan

  • Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir risiko kecelakaan dijalan. Karena dengan mengetahui rute bisa antisipasi berkendara penuh kehati-hatian saat melintas daerah rawan kecelakaan.
  • Selain itu, dengan mengetahui kondisi jalan, kita bisa mempersiapkan setelan suspensi motor agar siap berkendara di segala kondisi jalan.

Patuhi Rambu Lalu Lintas dan Marka Jalan

Baca Juga: Industri di Indonesia Terapkan Prokes Ketat, Termasuk Sektor Otomotif

  • Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan di jalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Padahal, dengan mau mengikutinya, berkendara jadi lebih teratur dan terkontrol serta menghormati sesama pengguna jalan.

Gunakan Riding Gear yang Layak

  • Riding gear yang layak dan terstandarisasi menjadi barang wajib yang harus dikenakan secara lengkap ketika sedang berkendara, khususnya saat touring jarak jauh.
  • Dengan mengenakan riding gear yang lengkap dan benar bisa mencegah atau setidaknya meminimalisir dampak luka yang diderita tubuh ketika mengalami kecelakaan di jalan.

Komentar