alexametrics

Best 5 Oto: Kisah Kelahiran Mercedes-AMG, Sepatu Navigasi Ashirase, dan Sensor Motor

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto:  Kisah Kelahiran Mercedes-AMG, Sepatu Navigasi Ashirase, dan Sensor Motor
Mercedes-AMG GT, sebagai ilustrasi salah satu tunggangan performa tinggi racikan AMG [Daimler AG]

Mercedes-AMG dikenal sebagai tuner performa, Honda ciptakan sepatu inovatif lewat Ashirase, dan Ride Vision kembangkan teknologi sensor tabrakan roda dua.

Suara.com - Ashirase, Mercedes-AMG, Ride Vision, Honda, Mercedes-Benz, 24 Hours of Spa, navigasi, sepeda motor, sensor tabrakan, sepatu khusus, penyandang difabel, AMG 300 SEL 6.8, BBM oktan tinggi, mesin sehat dan hemat, serta emak-emak menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com di awal pekan ini.

Ashirase dan Ride Vision adalah contoh dua startup atau perusahaan rintisan yang berhasil menelurkan karya seru.

Dipupuk oleh Honda Motor Company Limited, Ashirase mengembangkan sepatu inovatif untuk dikenakan penyandang difabel, khususnya tunanetra. Yaitu alas kaki dilengkapi peranti navigasi atau GPS sistem vibrator.

Hasilnya, pengguna diharapkan semakin nyaman saat melangkah karena panduan secara otomatis menunjukkan arah real-time.

Baca Juga: Sumber Tenaga Tesla Megapack Australia Terbakar, Pasokan Listrik Tak Terpengaruh

Sementara itu, Ride Vision yang berasal dari Israel mengembangkan sensor untuk safety berkendara roda dua atau sepeda motor.

Diposisikan di bagian haluan dan buritan kendaraan roda dua, alat akan berfungsi memberikan informasi saat kendaraan lain mendekat. Mulai jarak aman sampai kapan harus menghindar karena posisi tidak berada di zona aman atau rawan tabrakan.

Lantas dari pentas balap, 24 Hours of Spa yang berlangsung di sirkuit jalan raya kota kecil Spa-Francorchamps, Belgia menjadi saksi awal penyatuan tuner atau modifikator AMG dengan Mercedes-Benz.

Diawali dengan kesuksesan The Red Pig, sebutan bagi AMG 300 SEL 6.8 yang bermula setengah abad atau 50 tahun lalu, AMG kini menjadi trade-mark Mercedes-Benz untuk tunggangan berperforma tinggi.

Kemudian, bicara soal emak-emak bermotor yang biasanya dipenuhi dengan situasi bahaya, unik, sampai bikin pemirsa mengelus dada. Kali ini, seorang emak beroleh pujian karena ngebut masuk rumah sakit langsung. Tanpa parkir apalagi mengetuk pintu.

Baca Juga: 7 Tips Sehat Berkendara Sepeda Motor selama Pandemi

Rupanya ia tengah mengantarkan pasien difabel yang perlu penanganan langsung. dan sesudah itu ia gas kendaraannya untuk keluar dari ruangan di tempat perawatan itu.

Sebagai pemungkas, adalah saran dari pengamat otomotif agar mesin mobil bisa sehat dan pemakaian bahan bakar hemat. Caranya, menggunakan bahan bakar minyak beroktan tinggi agar pembakaran bisa seperti ini.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com. Selamat mengawali aktivitas hari ini, dan jangan lupakan protokol kesehatan.

1. Ashirase, Anak Perusahaan Honda Ciptakan Sepatu Navigasi Bagi Penyandang Tunanetra

Sepatu navigasi buatan Ashirase, anak usaha Honda yang diperuntukkan bagi penyandang tunanetra [Honda via ANTARA].
Sepatu navigasi buatan Ashirase, anak usaha Honda yang diperuntukkan bagi penyandang tunanetra [Honda via ANTARA].

Soal pengembangan teknologi, Honda Motor Company Limited terkenal dengan Honda Sensing serta robot Asimo. Kekinian, perusahaan asal Jepang ini mendirikan Ashirase Incorporation. Sebuah rintisan dan anak perusahaan, tadinya dikenal sebagai IGNITION, program kreasi bisnis baru Honda.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Honda pada Minggu (1/8/20221), Ashirase tengah mengembangkan sistem navigasi dalam sepatu untuk mendukung penyandang tuna netra. Rencananya akan dipasarkan akhir tahun fiskal pada 31 Maret 2023.

Baca selengkapnya

2. Nostalgia 50 Tahun AMG 300 SEL 6.8, Menang Perdana di 24 Hours of Spa 1971

AMG 300 SEL 6.8 [Daimler AG/Mercedes-Benz AG - Mercedes-Benz via ANTARA]
AMG 300 SEL 6.8 [Daimler AG/Mercedes-Benz AG - Mercedes-Benz via ANTARA]

Museum Mercedes-Benz di Stuttgart, Jerman tengah memamerkan The Red Pig, AMG 300 SEL 6.8 mulai 20 Juli - 19 September 2021 di secara cuma-cuma atau gratis tanpa tiket. Dan hari ini (1/8/2021), 13 tim pelanggan Mercedes-AMG GT3 ikut berlaga dalam 24 Hours of Spa. Berlangsung sepanjang 31 Juli-1 Agustus 2021, salah satu mobil balapnya didesain berdasarkan AMG 300 SEL 6.8 edisi 1971 itu. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

Berbincang tentang Mercedes-AMG GmbH, divisi ini adalah anak perusahaan dari Mercedes-Benz AG untuk produk berperforma tinggi. AMG mempekerjakan engineer secara mandiri, dan melakukan kontrak memodifikasi atau melakukan custom atas produk Mercedes-Benz.

Baca selengkapnya

3. Agar Mesin Mobil Sehat dan Hemat, Ini Saran dari Pengamat Otomotif

Ilustrasi mesin mobil. [Tim Mossholder/Unsplash]
Ilustrasi mesin mobil. [Tim Mossholder/Unsplash]

Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kandungan Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi akan membuat mesin kendaraan lebih sehat dengan pengeluaran pembelian BBM lebih hemat.

Demikian dipaparkan pengamat otomotif Dr Yannes Martinus Pasaribu sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara.

Baca selengkapnya

4. Demi Tujuan Mulia, Emak-Emak Nekat Naik Motor Masuk Kamar IGD Rumah Sakit

Emak-emak naik motor masuk ruangan IGD (Instagram)
Emak-emak naik motor masuk ruangan IGD (Instagram)

Aksi emak-emak memang kerap sekali menjadi sorotan publik. Hal ini lantaran aksinya yang kerap menjadi kontroversi di beberapa pengguna jalan.

Kali ini, sebuah aksi emak-emak kembali bikin geger publik. Penyebabnya, emak-emak tersebut naik motor saat masuk kamar Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit.

Baca selengkapnya

5. Sebuah Startup Kembangkan Sensor Kecelakaan Sepeda Motor

Ride Vision kembangkan sensor kecelakaan. [YouTube/Ride Vision]
Ride Vision kembangkan sensor kecelakaan. [YouTube/Ride Vision]

Perusahaan rintisan (startup) asal Israel, Ride Vision, baru-baru ini memperkenalkan inovasi keselamatan terbaru untuk para pengguna roda dua.

Perusahaan telah menciptakan sebuah gadget sederhana berfungsi sebagai penanda jika akan terjadi sebuah tabrakan yang akan datang, baik dari arah depan motor ataupun bagian belakang.

Baca selengkapnya

Komentar