alexametrics

Bersihkan Karat pada Komponen Kendaraan yang Berlapis Krom Pakai Minuman Bersoda

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bersihkan Karat pada Komponen Kendaraan yang Berlapis Krom Pakai Minuman Bersoda
Ilustrasi minuman bersoda atau minuman berkarbonasi [Shutterstock].

Ikatan kimia dari minuman berkarbonasi bisa bikin karat rontok.

Suara.com - Merawat komponen kendaraan yang berlapis krom memang gampang-gampang susah. Bila salah melakukan perawatan, tentunya dapat menimbulkan karat yang membuat tampilan kendaraan jadi kurang sedap dipandang.

Mengutip WahanaHonda, terdapat cara mudah untuk membersihkan karat pada komponen kendaraan. Salah satunya dengan cara disirami minuman bersoda.

Untuk melakukannya cukup mudah, siapkan sikat, air bersih, sabun, dan minuman bersoda. Baik jenis fizzy drink maupun air soda biasa artinya larutan berkarbonasi tanpa rasa apapun bisa digunakan.

Suku cadang otomotif, ilustrasi [Shutterstock].
Komponen otomotif, ada di antaranya yang berlapis krom. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Selanjutnya, lakukan tahapan membersihkan komponen kendaraan menggunakan minuman bersoda di bawah ini:

Baca Juga: Mensos Tri Rismaharini ke ITS, Motor Listrik Gesits Siap Dimodifikasi

  1. Bersihkan komponen yang berkarat pakai sabun air bersih, lalu keringkan.
  2. Selanjutnya siram bagian itu pakai minuman bersoda sambil menyikatnya. Lakukan secara berulang sampai lapisan karat hilang.
  3. Bersihkan lagi dengan sabun dan air. Untuk hasil maksimal, lapisi bagian yang telah bersih dari karat tadi dengan pernis.
  4. Sebab biasanya, kalau sudah pernah berkarat, ada risiko komponen akan berkarat lagi, meski telah dibersihkan.

Selain memanfaatkan minuman bersoda, masih ada sederet cara lain yang juga bisa dicoba untuk membersihkan karat pada motor.

Gunakan oli bekas

  • Cobalah untuk mengoleskan oli bekas ke bagian motor yang berkarat. Lalu, gosok sampai bersih. Bisa digunakan untuk menghilangkan karat di knalpot bagian dalam.

Pakai pembersih keramik

  • Ternyata, pembersih keramik juga bisa dipakai untuk mengangkat lapisan karat pada motor. Caranya, oleskan cairan pada komponen yang berkarat.
  • Tunggu hingga karat rontok, lalu sikat hingga bersih. Yang penting untuk diingat, gunakan sarung tangan ketika melakukannya. Sebab, cairan pembersih keramik biasanya mengandung bahan berbahaya bagi kulit.

Coba dengan gemuk

  • Caranya juga dengan mengoleskannya pada bagian yang berkarat. Namun gemuk sebaiknya tidak dipakai pada rantai. Pasalnya bahan ini sangat lengket dan mudah terkena kotoran.

Baca Juga: Agar Mesin Mobil Sehat dan Hemat, Ini Saran dari Pengamat Otomotif

Komentar