alexametrics

Siapkan 30 Mobil Vaksinasi Keliling, Pemkot-Polrestabes Surabaya Jemput Lansia

RR Ukirsari Manggalani
Siapkan 30 Mobil Vaksinasi Keliling, Pemkot-Polrestabes Surabaya Jemput Lansia
Petugas kesehatan turun dari Mobil Gerai Vaksin Keliling Presisi untuk melakukan vaksinasi COVID-19 kepada warga di kampung Gubeng Kertajaya, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (30/7/2021). Polrestabes Surabaya meluncurkan dua unit Mobil Gerai Vaksin Keliling Presisi untuk melakukan vaksinasi COVID-19 kepada warga di permukiman guna mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity menuju Indonesia sehat [Antara Jatim/Didik Suhartono/zk].

Pemkot-Polrestabes Surabaya siapkan vaksinasi bagi lansia dan difabel.

Suara.com - Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Polrestabes setempat menyiapkan 30 unit mobil vaksinasi keliling. Tujuannya adalah bergerak ke sejumlah wilayah di Kota Pahlawan, Provinsi Jawa Timur, guna mempercepat vaksinasi COVID-19.

Dikutip dari kantor berita Antara, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Jumat (13/8/2021) menyatakan bahwa penggunaan mobil vaksin keliling ini akan lebih mudah menjangkau kelompok masyarakat difabel dan lansia yang tidak bisa datang langsung ke lokasi vaksinasi.

"Pak Kapolrestabes punya inovasi mobil vaksin keliling, nanti kami akan gabung," ujarnya.

Menurutnya, para lansia dan difabel yang tidak bisa datang ke tempat lokasi vaksinasi akan dijemput mobil vaksinasi keliling.

Baca Juga: Pemotor Viral Halangi Ambulans Diselesaikan Kekeluargaan, Pasien Kritis Telah Tiada

Forkopimda Jatim yang terdiri atas Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta bersama Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Heru Tjahjono, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto memberangkatkan puluhan ambulans 'Vaksinasi Presisi Door to Door' di Surabaya, Rabu (14/7/2021) [FOTO ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim].
Forkopimda Jatim yang terdiri atas Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta bersama Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Heru Tjahjono, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto memberangkatkan puluhan ambulans 'Vaksinasi Presisi Door to Door' di Surabaya, Rabu (14/7/2021). Sebagai ilustrasi mobil vaksinasi Jawa Timur [FOTO ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim].

"Kami akan datangi mereka dengan mobil yang kami punya," jelas Eri Cahyadi.

Sementara itu, Pemkot Surabaya bersama TNI dan Polri telah menggelar serbuan vaksinasi COVID-19 massal dosis kedua secara serentak di 67 titik lokasi di 31 Kecamatan, Kota Surabaya, mulai 12-14 Agustus 2021.

Target serbuan vaksinasi ini adalah warga Surabaya yang sebelumnya mengikuti vaksin Sinovac dosis pertama di Gelora 10 November (G10N) dan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang ada di Surabaya.

"Vaksinasi di kecamatan berdasarkan undangan karena kami berusaha untuk menghindari kerumunan. Maka untuk pelaksanaannya dibagi di berbagai titik," lanjut Wali Kota Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Yusep Gunawan sebelumnya mengatakan agar Surabaya bisa mencapai presentasi tertinggi herd immunity yang ditargetkan Agustus 2021, yang perlu dilakukan adalah menambahkan titik gerai vaksinasi dan menyediakan mobil vaksin keliling.

Baca Juga: Toyota Indonesia dan RSUI Gelar Vaksinasi Gratis Bagi Umum, Berhadiah Voucher

Saat ini sudah ada gerai vaksinasi di tujuh titik dengan target sekitar 1.600-3.000 dosis per hari di setiap gerai vaksin. Sedangkan mobil vaksin keliling yang sudah disiapkan hingga saat ini 20 unit dengan tenaga medis dari dukungan Pemerintah Kota Surabaya.

Komentar