alexametrics

EICMA Rebranding, Kini Ganti Nama Menjadi Pameran Roda Dua Internasional

RR Ukirsari Manggalani
EICMA Rebranding, Kini Ganti Nama Menjadi Pameran Roda Dua Internasional
EICMA melakukan rebranding, namanya kini Esposizione internazionale delle due ruote. Digelar setiap tahun di Milan, Italia [EICMA 2021].

Kurang dari tiga bulan sebelum gelaran, inilah pembaruan yang dilakukan penyelenggara EICMA 2021.

Suara.com - Pameran Kendaraan Roda Dua dan Aksesoris di Milan, Italia, yang terkenal dengan nama Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori atau EICMA kini mengalami perubahan. Dengan adanya rebranding termasuk logo baru, namanya diubah menjadi Esposizione internazionale delle due ruote atau Pameran Roda Dua Internasional.

"Inilah ajang pameran yang paling dinanti pencinta roda dua, dan kami melakukan rebranding yang reaktif," papar Paolo Magri, CEO EICMA S.p.A, dalam rilis resmi EICMA 2021 sebagaimana diterima Suara.com.

Ia menyebutkan melihat situasi global masih dalam kesulitan beberapa bulan terakhir, bahkan tahun lalu gagal dilaksanakan karena pandemi COVID-19, penyelenggara berinovasi.

Booth Kawasaki di EICMA tahun lalu [Shutterstock].
Suasana di EICMA 2019 [Shutterstock].

"Sambil terus menghormati tradisi, kesempatan untuk berinvestasi lagi dalam diri kita sendiri, dalam posisi sebagai penyelenggara otomotif khususnya roda dua, serta identitas visual kita," tambahnya.

Baca Juga: Mate Rimac: Juara Inovasi Teknologi Sejak Remaja, Kini di Bugatti Jadi Bos Termuda

Nilai global dan pameran otomotif di negeri itu yang sudah berlangsung sekitar seratus tahun dipertahankan. Sementara kata-kata didaktik dan kuno "sepeda dan sepeda motor" kini diformulasikan sebagai "roda dua" yang lebih universal dan kontemporer.

Lorenzo Marini, seorang seniman, dan penggarap pariwara kaliber internasional, sekaligus direktur kreatif agensi Yes Marini di Milan, berbicara tentang nilai kontemporer.

"Menjadi kontemporer berarti menciptakan hubungan yang selalu baru dengan publik dan konsumen. Dan setiap relasi menggunakan bahasa, juga melintasi identitas merek itu sendiri," tukas Lorenzo Marini.

Ia melanjutkan bahwa historisitas merek penting dan perlu direvitalisasikan, tetap menonjolkan kepribadian, dalam sintesis visual elegan dan harmonis, yang menghadirkan kembali sejarah dan brand atau merek sebagaimana aslinya.

"EICMA diidentifikasikan sebagai dunia unik yang penuh gairah, baik adrenalin maupun secara mental. Identitas merek, secara kepribadian menegaskan dimulainya kembali EICMA menuju masa depan bersama misinya," ucap Lorenzo Marini.

Baca Juga: MOTO.APP Laris Diunduh Pengguna Roda Dua, Siap Hadir di EICMA 2021

"Penamaan kembali atau formulasi rebranding ini menghadirkan kepuasan seluruh tim penyelenggara karena telah berkontribusi pada pembaruan citra acara yang begitu penting bagi industri mobilitas dan komunitas pengguna sampai penggemar. Inilah babak yang menjanjikan makna dan relevansi," sambung Paolo Biffi, CEO biro iklan untuk gelaran itu.

Suasana EICMA 2018 di booth skuter gaya sport [Shutterstock].
Suasana EICMA 2018 di booth skuter gaya sport [Shutterstock].

Jadi, kurang dari tiga bulan sebelum gelaran EICMA 2021, nama yang akan digunakan adalah Pameran Roda Dua Internasional ke-78. Akan berlangsung 23-28 November 2021 di Rho Fiera Milano.

Inilah acara pameran dagang penting yang didedikasikan untuk industri kendaraan roda dua, baik sepeda motor maupun sepeda kayuh, dengan ciri yang lebih langsung, menggugah dan internasional.

Adapun logo EICMA kini muncul dalam elemen visual pelek dan garpu. Yang pertama adalah gambar roda, melambangkan dunia atau global, fork motor sebagai lambang penghargaan untuk rantai pasokan seluruh industri kendaraan. Baik komponen, suku cadang, sampai aksesori. Sedangkan logo bak sayap sendiri memberikan arti ringan lagi dinamis.

Komentar