alexametrics

Mengintip Buell Hammerhead 1190RX, Begini Jadinya Jika Amerika Ikut Bikin Motor Kencang

Cesar Uji Tawakal
Mengintip Buell Hammerhead 1190RX, Begini Jadinya Jika Amerika Ikut Bikin Motor Kencang
Buell Hammerhead 1190RX. (motorcyclenews.com)

Motor ini mengusung beberapa fitur unik yang bikin penasaran, apa saja?

Suara.com - Untuk urusan industri kendaraan roda dua, selama ini Amerika Serikat kerap identik dengan 'kampung' motor cruiser.

Beberapa merek terkenal pun kerap menghiasi dunia motor, seperti Harley-Davidson (HD) atau Indian.

Namun untuk urusan produksi motor 'kencang', Negeri Paman Sam ini masih butuh banyak pembuktian.

Salah satunya melalui merek Buell yang sudah jatuh bangun di industri ini. Usai ditutup oleh Harley-Davidson demi memangkas ongkos operasional, produsen motor sport asal AS tersebut kini kembali mengaspal dengan produk baru mereka, Buell Hammerhead 1190RX.

Baca Juga: Hyundai City Store di PIM 3 Resmi Dibuka, Konsumen Bakal Diberi Bingkisan Token

Dilansir dari MCN, setelah bisnis ditutup, mulanya sang pendiri, Erik Buell mendirikan Erik Buell Racing (EBR), yang dibeli oleh Liquid Asset Partners (LAP) pada tahun 2016.

Sekarang LAP telah membeli nama Buell dari HD, mengganti nama EBR dengan janji untuk meluncurkan sepuluh model baru pada tahun 2024, dimulai dengan Hammerhead.

Hammerhead ini dirancang berdasarkan pada basis 1190RX yang diluncurkan oleh EBR , yang bahkan hingga hari ini spesifikasinya sangat mengesankan.

Buell Hammerhead 1190RX. (motorcyclenews.com)
Buell Hammerhead 1190RX. (motorcyclenews.com)

Motor ini didukung oleh mesin 1190cc V-twin, dengan tenaga puncak diklaim mencapai 182bhp @ 10.600rpm dan 101.6lb.ft @ 8200rpm.

Mesin ditempatkan di salah satu rangka balok aluminium khas Buell yang juga menggabungkan bahan bakar, dengan area 'tangki' memegang kotak udara dan elektronik. Buell mengklaim bobot kosong motor ini mencapai 190kg.

Baca Juga: Biar Tak Ketinggalan, KTM Juga Perbarui Tampang RC200, Makin Ganteng Nggak Nih?

Suspensi motor ini menggunakan Showa USD Big Piston Forks yang dapat disetel sepenuhnya di bagian depan dan shock Showa yang dipasang langsung di bagian belakang.

Hammerhead juga tampil dengan sentuhan khas Buell lainnya: cakram rem perimeter 386mm yang dikombinasikan dengan kaliper delapan piston,

Ciri khas yang membuat kesan bahwa motor Buell menawarkan daya henti yang unggul untuk bobotnya dibandingkan dengan rem tradisional.

1190RX hanyalah salah satu dari serangkaian sepeda yang direncanakan Buell untuk produksi, dengan 1190SX telanjang diharapkan segera setelah itu, diikuti oleh 'Super Tourer' selama 2023.

Komentar