alexametrics

Pesanan Hyundai Staria Capai 70 Unit, PT HMID Sebut Mapping Produk Agar Jadi CKD

RR Ukirsari Manggalani
Pesanan Hyundai Staria Capai 70 Unit, PT HMID Sebut Mapping Produk Agar Jadi CKD
Hyundai Staria di Indonesia hanya tersedia dengan mesin diesel. [Dok HMID]

Hyundai Staria berpeluang diproduksi secara lokal, akan tetapi perlu disimak faktor-faktor berikut ini.

Suara.com - Hyundai Staria, mobil kategori Multi-Purpose Vehicle (MPV) mewah yang baru diluncurkan PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) menuai sambutan positif.

Dikirim langsung dari Korea Selatan dalam bentuk Completely Built-Up (CBU), produk ini sudah dipesan hingga 70 unit, dan akan terus bertambah hingga akhir tahun.

Apakah tidak lebih efisien bila kondisi CBU dijadikan CKD atau Completely Built-Up?

Dikutip dari kantor berita Antara, Makmur, Chief Operating Officer (COO) PT HMID menyatakan bahwa peluang seluruh kendaraan Hyundai yang ada di Indonesia, termasuk Hyundai Staria akan diproduksi secara lokal.

Baca Juga: Hyundai Staria Masih Inden Sampai Dua Bulan, Kehadirannya Ditanggapi Positif

"Semua kemungkinan itu ada, namun bisa kami realisasikan atau tidak, akan kami evaluasi lebih lanjut," ungkapnya beberapa waktu yang lalu.

Hyundai Staria tampak buritan [Hyundai.com].
Hyundai Staria tampak buritan [Hyundai.com].

Disebutkan pula, memproduksi kendaraan secara lokal bukanlah hal mudah. Mesti ada riset yang cukup panjang, juga membutuhkan pasar yang kuat untuk brand atau model si kendaraan sendiri.

"Membuat produk menjadi CKD, banyak faktor yang perlu dipelajari. Pertama, bagaimana market dan mapping secara global. Indonesia dipilih HMC (Hyundai Motor Company) menjadi negara yang memiliki pabrik, mereka sudah mengatur pabrik-pabrik mana untuk pembagian mapping production dan melayani region mana saja," jelas Makmur.

Kemudian hal kedua adalah pabrik yang akan berdiri di Cikarang, Jawa Barat, juga bakal membentuk ekosistem untuk memproduksi kendaraan yang akan dikirim ke negara lain. Peran pemerintah juga sangat dibutuhkan untuk hal ini.

"Produk mana saja yang akan diproduksi ke negara-negara lain, faktornya dari market, quantity, kapasitas produksi dari pabrik dan peraturan negara tujuan. Bila peraturan negara itu memiliki insentif dari pemerintah besar pasti akan jadi pilar di sana," lanjut Makmur.

Baca Juga: Bukan Cuma MPV, Hyundai Staria Tersedia Versi Mobil Angkut Barang

Hyundai Staria mengandalkan mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Tipe powertrain yang disematkan memungkinkan Staria memperoleh performa maksimal hingga 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.

Komentar