alexametrics

New Audi RS 4 Avant Tampil Lebih Sporty, Refleksikan Ciri Khas 25 Tahun Terakhir

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
New Audi RS 4 Avant Tampil Lebih Sporty, Refleksikan Ciri Khas 25 Tahun Terakhir
New Audi RS 4 Avant dengan grille single frame yang dimilikinya lebih lebar dan lebih rata jika dibandingkan dengan model yang menjadi basisnya [PT Garuda Mataram Motor].

Dengan jantung V6 Twin-Turbo dan tampilan sporty, The New Audi RS 4 Avant siap menjelajah pasar Nasional.

Suara.com - PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek (APM) Audi di Indonesia secara resmi memperkenalkan The New Audi RS 4 Avant yang tampil lebih sporty.

"Mengombinasikan nilai-nilai yang ada pada sebuah mobil sport dengan kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari menjadi salah satu ide berbeda yang ditawarkan oleh The New Audi RS 4 Avant. Mobil ini menjadi salah satu konsep terbaik yang menjadi ciri khas Audi selama 25 tahun terakhir," ujar Andrew Nasuri, President Direktur, PT Garuda Mataram Motor, dalam keterangannya.

Interior Sentuhan "aluminium race" Anthracite menjadi aksen standar   dalam kabin The New Audi RS 4 Avant [PT Garuda Mataram Motor].
Interior Sentuhan "aluminium race" Anthracite menjadi aksen standar dalam kabin The New Audi RS 4 Avant [PT Garuda Mataram Motor].

Simak eksterior dan interior The New Audi RS 4 Avant lebih detail, berikut deskripsinya:

Eksterior

Baca Juga: Audi Mulai Tinggalkan Tombol Fisik untuk Model Masa Depan

Desain lebih berotot dengan haluan The New Audi RS 4 Avant mendapatkan perubahan desain yang benar-benar baru. Beda dibandingkan varian A4 Avant.

Grille Singleframe yang dimilikinya lebih lebar dan lebih rata jika dibandingkan dengan model yang menjadi basisnya. Grille Singelframe dirancang tanpa bingkai untuk memberikan tampilan yang bersih.

Seperti Audi RS 6 Avant dan RS 7 Sportback, mobil ini juga mendapatkan struktur sarang lebah 3-dimensi berbalut warna hitam gloss yang menjadi ciri khas dari model-model RS.

Bentuk lampu depan LED The New Audi RS 4 Avant juga mendapatkan perubahan desain. Lampu depan Matrix LED mendapatkan bezel berwarna gelap mempertegas kesan performa tinggi yang kembali membedakannya dengan keluarga model A4.

Bagian fender depan dan belakang lebih lebar 30 mm dibandingkan dengan Audi A4 Avant. Elemen berwarna hitam di kedua sisi lampu depan mempertegas kesan lebih lebar pada RS 4 Avant ini.

Baca Juga: Audi Skysphere Concept, Mobil Listrik Sport Swakemudi yang Siap Hadir Besok

Pelek The New Audi RS 4 Avant yang ditawarkan di Indonesia adalah forged alloy 10-spoke 19 inci berbalut ban 265/35 R19 untuk standar, dan opsi desain forged alloy 5-arm flag style berbalut warna Glossy Anthracite Black diameter 20 inci, fully milled alloy 5-arm peak style Matte Bronze diameter 20 inci, serta pelek forged alloy 5-arm flag style 20 inci, yang semuanya berbalut ban 275/30 R20.

Warna bodi

Di Indonesia, Audi menawarkan delapan pilihan warna eksterior untuk The New Audi RS 4 Avant, yaitu Tango Red Metallic, Turbo Blue, Daytona Gray Pearl Effect, Navarra Blue Metallic, Sonoma Green Metallic, Glacier White Metallic, Nardo Gray dan Mythos Black Metallic.

Interior

Bagian kabin, desain interior The New Audi RS 4 Avant menawarkan balutan warna hitam untuk mempertegas kesan sporty. Desain garis-garis horizontal yang ditampilkan lubang ventilasi udara di dasbor hingga panel instrumen menciptakan kesan ruang kabin yang lebih lapang.

Sentuhan "aluminium race" Anthracite menjadi aksen standar dalam kabin The New Audi RS 4 Avant.

Konsumen di Tanah Air juga mendapatkan pilihan aksen dekoratif lainnya yaitu Carbon Twill atau Black Piano Lacquer yang eksklusif dari Audi.

Penggunaan lingkar kemudi sport berbalut kulit, 3-spoke dengan tombol-tombol Multifungsi Plus, dan flat-bottomed dengan tombol "RS MODE" di bagian bawahnya, yang membuatnya semakin eksklusif.

Di balik lingkar kemudinya terdapat tuas paddle shift yang kini semakin besar dimensinya.

Untuk semakin mempertegas kesan sporty di dalam kabin, pada The New Audi RS 4 Avant juga menyuguhkan tempat duduk sport khas RS yang mendapatkan pola sarang lebah dengan emboss logo RS yang eksklusif.

Mesin

V6 Twin-Turbo, 2.9L TFSI Twin-Turbo.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 450 PS dan torsi maksimal yang mencapai 600 Nm. Torsi puncak ini dapat diraih mulai 1.900 hingga 5.000 rpm yang memungkinkan mobil ini berakselerasi 0 – 100 km per jam hanya dalam 4,1 detik.

Dengan paket dinamik RS, kecepatan maksimalnya juga dapat ditingkatkan dari 250 km per jam menjadi 280 km per jam.

Mesin TFSI ini berbobot hanya 182 kg, yang artinya 31 kg lebih ringan dibandingkan mesin V8 yang digunakan oleh generasi sebelumnya.

Tak hanya output tenaga yang mengesankan, namun mesin V6 twin-turbo yang digunakan The New Audi RS 4 Avant ini juga menghasilkan efisiensi yang istimewa. Berdasarkan hasil pengujian WLTP terbaru, mobil ini menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 10,8 km/liter (9,2 liter/100 km), dengan emisi CO2 mencapai 211 gr/km. Angka konsumsi bahan bakar ini lebih rendah 17 persen dibandingkan model sebelumnya.

Limpahan output dari mesin 2.9 liter TFSI ini diteruskan ke sistem penggerak empat roda permanen quattro yang dimiliki Audi melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic.

Dalam kondisi pengendaraan normal sehari-hari, tenaga yang
didistribusikan oleh centre differential secara mekanikal 60 persen ke poros roda belakang dan 40 persen ke roda depan.

Jika salah satu poros terdeteksi mengalami selip, maka sebagian besar tenaga akan dialihkan secara otomatis ke poros lainnya, hingga 70 persen ke poros depan atau 85 persen ke poros belakang melalui sistem kendali elektronik (ESC) dan kontrol traksi.

Harga

New Audi RS 4 Avant dipasarkan di Indonesia Rp 2,799 miliar (on–the-road) Jakarta.

Komentar