alexametrics

Peugeot Dilarang Jualan Skuter Roda Tiga Karena Dianggap Jiplak Piaggio

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Peugeot Dilarang Jualan Skuter Roda Tiga Karena Dianggap Jiplak Piaggio
Ilustrasi logo Piaggio pada Vespa [Shutterstock/Trotalo]

Desain skutik roda tiga dan fitur parallelogram suspension pada produk MP3 disebutkan telah ditiru.

Suara.com - Peugeot Motorcycles dikabarkan harus berhenti menjual skuter roda tiga Metropolis di Prancis dan Italia. Keputusan ini disampaikan setelah Piaggio Group menilai perusahaan itu telah melakukan pelanggaran hak cipta dan harus membayar denda sebesar 1,5 juta euro.

Melansir Visordown, kasus ini berkaitan dengan teknologi pada Piaggio MP3 yang menggunakan standar tiga roda, dua di depan dan satu di belakang.

Meskipun sempat mendapat pandangan negatif saat pertama kali diluncurkan pada 2006, namun Piaggio MP3 telah berkembang menjadi model terlaris yang kemudian diikuti pabrikan lain seperti Yamaha dengan Tricity dan baru-baru ini Peugeot dengan Metropolis.

Peugeot Metropolis 2020 [Visordown].
Peugeot Metropolis 2020 [Visordown].

Namun dengan menjadi yang pertama di pasaran, Piaggio memiliki hak atas sejumlah paten untuk membuat konfigurasi yang tidak biasa. Peugeot dianggap telah melanggar oleh Tribunal Judicaire of Paris dan Court of Milan.

Baca Juga: Piaggio, KTM, Honda dan Yamaha Teken Perjanjian Tukar Baterai Motor Listrik

Sebagai hasil dari putusan itu, Peugeot Motorcycles yang sekarang dimiliki oleh konglomerat India Mahindra--telah dikenakan denda tadi.

Lebih penting lagi, dari hasil putusan ini berarti Peugeot dilarang memproduksi, mempromosikan, memasarkan, mengimpor, mengekspor, dan memiliki Metropolis apa pun yang menggunakan teknologi itu di Italia, dan pasar dalam negeri di Prancis.

Piaggio MP3 [screenshot video iklan Piaggio MP3].
Piaggio MP3 [screenshot video iklan Piaggio MP3].

Sebagai informasi, Piaggio telah mengajukan gugatan kepada Peugeot dan Yamaha di Pengadlian Milan, Italia terkait paten penggunaan desain kendaraan skutik roda tiga.

Piaggio menuduh telah terjadi pelanggaran hak paten dan desain terdaftar di Eropa yang dimiliki oleh Piaggio, dan meminta untuk membayar ganti rugi atas persaingan yang tidak adil serta penarikan dan pemuatan di beberapa surat kabar.

Piaggio melakukan klaim bahwa produksi Piaggio MP3 telah dikembangkan dan diproduksi pada 2006 yang saat itu dipimpin Roberto Colaninno. Mereka menganggap desain skutik roda tiga dan fitur parallelogram suspension pada produk MP3 telah ditiru oleh Peugeot Metropolis dan Yamaha Tricity.

Baca Juga: Pameran Internasional Roda Dua EICMA 2021, Piaggio Group Konfirmasi Hadirkan Produknya

Komentar