alexametrics

Pasar Sepeda Motor Tumbuh 16 Persen, ANCMA Harapkan EICMA 2021 Sukses

RR Ukirsari Manggalani
Pasar Sepeda Motor Tumbuh 16 Persen, ANCMA Harapkan EICMA 2021 Sukses
Countdown Pameran Internasional Roda Dua, EICMA 2021 dan poster resminya dirilis (21/9/2021) [EICMA].

Asosiasi sepeda motor dan aksesori Italia menyatakan harapan pameran EICMA 2021 akan membawa tren positif.

Suara.com - Associazione Nazionale Ciclo Motociclo Accessori è l'Associazione (ANCMA) atau Asosiasi Pabrik Sepeda Motor dan Aksesoris Italia, setara seperti Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, menyambut gelaran EICMA yang akan berlangsung sekitar dua bulan lagi. Dikenal dengan nama baru sebagai Pameran Roda Dua Internasional.

Dikutip dari rilis resmi EICMA sebagaimana diterima Suara.com, ANCMA menyebutkan menaruh harapan besar terhadap gelaran yang absen setahun silam akibat pandemi COVID-19 itu.

"Dengan tren pasar yang positif, peran utama kendaraan roda dua dalam mobilitas pasca COVID-19 sudah dikonfirmasi akan digelar. Semoga menjadi tren positif dan harus diperhitungkan oleh pembuat undang-undang," papar Paolo Magri, Presiden Confindustria ANCMA.

Moto Guzzi V7 III tampil di ajang EICMA 2017. Tampak seorang penonton mengabadikan dengan smartphone [AFP/Miguel Medina].
Moto Guzzi V7 III tampil di ajang EICMA 2017. Tampak seorang penonton mengabadikan dengan smartphone [AFP/Miguel Medina].

Disebutkannya bahwa pembahasan RUU Italia sekarang ini semoga mampu mengubah Keputusan Transportasi menjadi undang-undang di Dewan Perwakilan Rakyat.

Baca Juga: Jelang Pameran Kendaraan Roda Dua Internasional, Logo EICMA 2021 Muncul di Red Helmets

"Data pendaftaran moped, skuter dan sepeda motor untuk September yang kami rilis menggambarkan pertumbuhan keseluruhan 16,6 persen, indikasi akan membaik seperti 2019. Bila dibandingkan dengan 2020 menjadi kurang signifikan, yang mana menunjukkan angka negatif, - 10,3 persen. Semoga situasi ketidakstabilan ini menjadi rebound kuat dalam penjualan terkait lockdown COVID-19," lanjutnya.

"Kondisi ini menegaskan pentingnya sektor industri dan rantai pasokan yang menjadi kekuatan pendorong untuk sistem negara," kata Paolo Magri lagi.

Menyimak kondisi pasar kendaraan roda dua Italia pada September 2021, penjualan kendaraan bermotor Italia mencapai 23.259 unit.

Suasana EICMA 2018 di booth skuter gaya sport [Shutterstock].
Suasana EICMA 2018 di booth skuter gaya sport [Shutterstock].

Penurunan terjadi untuk pemasaran moped, dengan 1.627 kendaraan terjual. Sementara skuter terjual 12.743, dipengaruhi adanya ketidakstabilan di pasar kendaraan terelektrifikasi. Dua sektor ini disebutkan masih berada di titik negatif.

Sementara tren sebaliknya terjadi untuk sepeda motor yang penjualannya mencapai 8.889 unit atau naik 2 persen bila disandingkan data 2019. Seperti yang diharapkan, perbandingan di bulan sama pada 2019 menunjukkan pertumbuhan keseluruhan sebesar 16,6 persen.

Baca Juga: Pameran Internasional Roda Dua EICMA 2021, Piaggio Group Konfirmasi Hadirkan Produknya

Dengan kondisi pemasaran nasional seperti sekarang ini, ANCMA berharap bahwa gelaran EICMA 2021 akan mendorong pasar ke arah semakin positif di tahun mendatang.

Komentar