alexametrics

Penting Mendukung Kegiatan Niaga, Ini Cara Merawat Suzuki New Carry Pick Up

RR Ukirsari Manggalani
Penting Mendukung Kegiatan Niaga, Ini Cara Merawat Suzuki New Carry Pick Up
Suzuki Carry dalam sebuah pameran di Thailand. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Ini sederet langkah preparasi agar kendaraan niaga berfungsi optimal mendukung kegiatan bisnis sehari-hari.

Suara.com - Sanggup mengangkat beban hingga satu ton, New Suzuki Carry Pick Up membutuhkan perawatan agar kinerjanya tetap optimal.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis Suzuki, ada sederet tips bisa diaplikasikan untuk merawat Suzuki New Carry Pick Up. Mulai bagian ban, bagian rem dan kopling, sampai batasan bobot bawaan serta material yang sebaiknya tidak diangkut.

Berikut cara merawat mobil niaga, dimulai dari peruntukan hingga kebutuhannya sehari-hari:

Acara launching New Suzuki Carry Luxury di ajang GIICOMVEC 2020 [Suara.com/Manuel Jeghesta Mainggolan].
Suzuki New Carry Luxury di ajang GIICOMVEC 2020 [Suara.com/Manuel Jeghesta Mainggolan].

A. Preparasi pengangkutan dan macam bawaan

Perhitungkan bobot bawaan

  • Suzuki New Carry Pick Up hadir dalam dimensi panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm. Dengan dimensi yang dimiliki, kendaraan ini mampu mengangkut muatan sebanyak 1 ton. Serta dilengkapi pengait di sekeliling bak yang digunakan untuk mengikat barang agar lebih aman selama perjalanan. Pengait berjumlah 12 pada tipe FD (Flat Deck) dan 22 pada tipe WD (Wide Deck).
  • Kapasitas bak New Carry Pick-Up yang besar sangat menguntungkan pengguna. Perhatikan cara penempatan barang di bak, pasalnya memberi pengaruh cukup signifikan jika dilakukan secara baik.
  • Letakkan barang yang berbobot lebih berat pada bagian terdepan dari bak muatan, dan barang berbobot lebih ringan pada bagian paling belakang.
  • Trik pembagian beban ini menjaga kestabilan kendaraan saat digunakan.
  • Perhatikan untuk tidak mengangkut barang melebihi batas bobot maksimal 1 ton dan tidak membawa muatan yang bentuknya melebihi panjang dan ketinggian kendaraan.

Hindari membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar

  • Membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar berpotensi menimbulkan bahaya bagi pengendara dan penumpang, misal bensin, solar, oli atau pelumas, minyak sayur dan bahan kimia lainnya. Penyimpanan yang tidak baik dapat menyebabkan kebocoran atau tumpah.
  • Jika terjadi kebakaran yang dipicu dari bahan-bahan ini, maka kendaraan tak bisa beroperasi secara normal menemani aktivitas niaga sehari-hari.

B. Perawatan sehari-hari

Rawat kondisi ban

  • Perlu dilakukan secara berkesinambungan, termasuk sebelum kendaraan digunakan.
  • Perhatikan tekanan udara pada ban sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan, atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan.
  • "Kegiatan itu dilakukan agar tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pastikan juga cek ketebalan permukaan tapak ban atau sesuai rekomendasi," jelas Asst. To Service Dept. Head PT SIS, Hariadi dalam keterangan resminya, Rabu (13/10/2021).

Rawat bagian rem kopling

  • Bagian yang terpenting dari kendaraan untuk unsur safety adalah bagian pengereman dan kopling.
  • Perhatikan kinerjanya melalui langkah termudah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.
  • Bawa kendaraan ke bengkel resmi untuk pemeriksaan rutin, seperti pengecekan kampas rem, volume minyak rem dan kampas kopling sesuai petunjuk perawatan kendaraan.

Perhatikan fungsi lampu dan wiper

  • Pastikan semua lampu dan wiper agar berfungsi secara normal, utamanya saat musim hujan di mana situasi menuntut kondisi ekstra perhatian.
  • Lampu depan/headlamp, lampu tanda belok, lampu rem dan wiper juga memiliki peran terhadap kinerja dan keselamatan pengendara.
  • Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik agar dapat menerangi perjalanan ataupun terlihat oleh pengendara lain, terlebih pada kondisi malam hari. Jangan memodifikasi lampu atau kelistrikan lainnya terkait dengan fungsi lampu.
  • "Merawat wiper merupakan hal esensial saat musim hujan agar menghasilkan pandangan yang lebih maksimal. Periksa kelenturan/fungsi karet wiper dan isi cairan wiper secara rutin sesuai standar volume yang disarankan," ungkap Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT SIS.

Rawat kabin mobil

  • Menjaga kebersihan mobil dapat dilakukan menggunakan vacuum cleaner khusus mobil yang mampu mengangkat kotoran di bagian sela-sela kendaraan dan gunakanlah pengharum ruangan agar kendaraan wangi dan bersih.

Perawatan berkala di bengkel resmi

  • Pengguna New Carry Pick Up dapat melihat panduan Jadwal Servis rutin serta mengikuti jadwal yang sudah ada di Buku Service dan Garansi atau mengikuti reminder yang sudah dijadwalkan oleh Bengkel Resmi Suzuki.
  • "Pentingnya melakukan perawatan secara berkala memiliki banyak manfaat, seperti mengoptimalkan kinerja mesin, terhindar dari kerusakan, menjaga nilai jual mobil, efisiensi penggunaan bahan bakar, dan mempertahankan kualitas sistem keamanan kendaraan," saran Hariadi dari PT SIS.

Komentar